Sukses

Kecepatan Maksimal Lalui Tol Fungsional Gringsing 40 Km per Jam

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan jalan tol fungsional Gringsing-Brebes, Jawa Tengah, mulai beroperasi untuk arus balik pada pagi hari ini pukul 06.00 WIB.

Keputusan ini dilakukan usai dirinya meninjau jalur tersebut. Menhub memastikan keamanan jalur arus balik yang diperkirakan akan terus meningkat jumlah kendaraan yang melintas hingga akhir pekan ini.

"Mulai Kamis pagi, jalan darurat dari Gringsing menuju Pemalang akan dibuka satu arah pada pukul 06.00 WIB," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Kamis (29/6/2017).

Ia menjelaskan, pembukaan jalan tol fungsional darurat satu arah dari arah timur menuju ke barat tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di jalur non-tol pantura. Namun demikian, ia mengatakan akan menerapkan batas kecepatan maksimal kendaraan yang melaju di jalan tersebut.

"Akan ada imbauan batas kecepatan maksimal 40 km per jam untuk pagi hingga pukul 18.00 WIB. Jika terjadi kepadatan di jalur pantura pada malam harinya, jalan darurat tersebut akan dibuka kembali. Kami telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk membantu melakukan pengawalan lalu lintas pada malam hari," ucap dia.

Terkait kesiapan kondisi jalan darurat, Menhub telah berkoordinasi dengan pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR untuk memeriksa kondisi jalan dengan menyisir jalan darurat sampai dengan malam ini.

Berdasarkan informasi dari Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna, pihak BPJT telah melakukan pemeriksaan jalan darurat dan telah melakukan sejumlah perbaikan, termasuk penyiapan rambu-rambu jalannya. BPJT menyatakan pada pukul 06.00 WIB besok, jalan darurat telah siap digunakan.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.