Sukses

1 Menit Standing Applause 9.000 Peserta Diaspora Indonesia

Sebanyak 9.000 peserta 4th Congress of Indonesian Diaspora 2017 menunjukkan kecintaan Indonesia dengan kompak memberikan tepuk tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 9.000 peserta 4th Congress of Indonesian Diaspora 2017 menunjukkan kecintaan Indonesia dengan kompak memberikan tepuk tangan berdiri (standing applause) selama satu menit. Standing applause ini dipandu oleh Ketua Diaspora Network, Dino Pati Jalal.

Saat Dino memberikan kata sambutan membuka Kongres Diaspora Indonesia, mantan Duta Besar ini mengungkapkan, kongres ini dihadiri 9 ribu orang dari dalam dan luar negeri dari 55 negara, 134 kota di dunia, dan 71 kota di Indonesia.

"Kongres diaspora ke-4 ini yang terbesar dalam sejarah diaspora. Ke depan, tidak akan ada kongres sebesar ini. Tapi semuanya satu darah, budaya, dan satu keluarga," ujarnya.

Di sela-sela sambutannya, Dino menginstruksikan kepada seluruh peserta Kongres Diaspora untuk melakukan standing applause, menunjukkan rasa cinta dan hormat terhadap Indonesia.

"Ayo satu menit standing applause untuk Indonesia, untuk NKRI, dan untuk diaspora," katanya diikuti dengan standing applause meriah dari 9.000 peserta yang berada di di Main Hall The Kasablanka, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. 

Dari pantauan Liputan6.com, Sabtu (1/7/2017), pejabat negara dan tokoh yang hadir dalam acara ini antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain itu, ‎sejumlah menteri dan tokoh Indonesia yang telah mendunia juga akan hadir dan menjadi pembicara dalam perhelatan ini, antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, serta Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Untuk diketahui, Presiden AS ke-44 Barack Obama dijadwalkan menghadiri dan menyampaikan pidato pada 4th Congress of Indonesian Diaspora atau Kongres Diaspora Indonesia ke-4 yang digelar di Mal Kota Kasablanka.

Pidato Obama di kegiatan tersebut juga merupakan kali pertama ia berbicara di hadapan publik di kawasan Asia, setelah meninggalkan kursi kepresidenan Gedung Putih pada Januari 2017 lalu.

Saksikan pelaksanaan Kongres Diaspora Indonesia yang dihadiri Barack Obama melalui tautan berikut atau saksikan video di bawah ini:



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini