Sukses

Menkominfo: Diaspora RI Harus Diberdayakan

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan, Indonesia memiliki potensi diaspora yang luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan, Indonesia memiliki potensi diaspora yang luar biasa. Keberadaan para diaspora di berbagai negara di dunia tersebut diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi Indonesia.

‎"Diaspora justru kita harus berdayakan terus, artinya warga negara Indonesia yang berkiprah di luar negeri. Bagaimana pun harus memberikan nilai tambah kepada proses pembangunan yang ada di Indonesia," ujar dia dalam acara 4th Congress of Indonesian Diaspora di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Menurut dia, masyarakat juga harus menghargai upaya para diaspora ini dalam mengharumkan nama Indonesia di negara diaspora tersebut berada. Dengan prestasi yang dicatatkan para diaspora ini, maka masyarakat dunia akan semakin mengenal Indonesia.

"Saya rasa banyak diaspora indonesia yang membawa nama baik Indonesia cukup signifikan, seperti Pak Sehat Sutardja, apalagi di AS ada silicon valey," kata dia.

Selain itu, para diaspora ini tidak harus kembali ke Indonesia dalam waktu dekat. Menurut Rudiantara, tidak masalah jika para diaspora tersebut tetap berada di negara lain, asalnya transaksinya tetap memberikan kontribusi bagi Indonesia.

"Boleh saja tinggal di sana tetapi transaksinya harus transaksi Indonesia. Kita juga tidak boleh berpikiran sempit bahwa mereka harus kembali dan berada di Indonesia, kalau terpaksa harus di luar negeri nggak apa-apa, tetapi transaksi berkaitan dengan Indonesia. Itu yang saya harapkan dari diaspora," tandas dia.

Saksikan pelaksanaan Kongres Diaspora Indonesia yang dihadiri Barack Obama melalui tautan berikut atau saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini