Sukses

Rupiah Bergerak Stabil Meskipun IHSG Tertekan

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di ksiaran 13.343 per dolar AS hingga 13.360 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan hari ini. Rupiah mampu bertahan seiring kenaikan mata uang Asia lainnya.

Mengutip Blooomberg, Rabu (5/7/2017), rupiah dibuka di angka 13.355 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.364 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di ksiaran 13.343 per dolar AS hingga 13.360 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih mampu menguat 0,93 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.349 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.386 per dolar AS.

Ekonom PT Samuel Sekuritas Rangga Cipta menjelaskan, rupiah masih stabil pada perdagangan hari ini. Rupiah cenderung menguat di perdagangan Selasa mengikuti arah kurs di Asia.

"Walaupun IHSG melemah tajam, terlihat pasar SUN yang mulai kembali menguat mengikuti sentimen pasar obligasi global yang positif," jelas dia.

 Analis JP Morgan Asset Management Jasslyn Yeo, dolar AS memang terus tertekan terhadap beberapa mata uang utama dunia pada perdagangan Rabu ini. Tekanan terhadap dolar AS paling besar dari pound sterling.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.