Sukses

Ridwal Kamil: Kereta Gantung Bandung Mulai Dibangun Agustus 2017

Perizinan proyek tersebut telah masuk babak final.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Bandung akan mulai membangun cable car (kereta gantung) bulan depan atau Agustus 2017. Perizinan proyek tersebut telah masuk babak final.

Dalam akun Instagram-nya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, akan melakukan groundbreaking kereta gantung pada bulan depan. Pembangunan cable car diharapkan mengurangi kemacetan Bandung.

"Karena Perizinan sudah babak final. Untuk pengurangan kemacetan kota, Bulan depan Insyaallah, kita mulai groundbreaking Cable Car," kata dia dalam Instagram, seperti ditulis di Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Kereta gantung, kata dia, akan menjadi transportasi publik antarbukit di Bandung. Transportasi ini akan melengkapi moda lain yang akan dibangun di Bandung.

"Doakan lancar ya warga Bandung tercintah. Hatur Nuhun," pungkas dia.

Sebelumnya, Ridwan mengatakan, pembangunan proyek yang paling susah adalah transportasi massal. Ambisinya, membangun kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) dan kereta gantung di Bandung untuk mengurai kemacetan.

"Kami kerja dua, LRT dan cable car. Karena mewujudkan transportasi massal itu pekerjaan paling susah. LRT dan cable car bisa bikin orang lebih ontime, dan menggeser gaya hidup masyarakat dari sebelumnya naik mobil atau motor menjadi naik angkutan publik," jelas dia pada 25 Februari 2016.

Dia mengaku telah menyiapkan desain pembangunan LRT dan kereta gantung berdasarkan struktur tanah di kota Bandung. Untuk LRT, rencananya dibangun di atas lahan yang datar tidak menanjak atau miring. Sedangkan cable car cocok untuk daerah yang dipenuhi bukit.

"Cable car-nya bukan seperti wisata di Taman Mini. Sekarang kan sudah makin canggih, seperti di Asia Selatan sudah jadi transportasi publik," pungkas Ridwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini