Sukses

Bumi Resources Siap Gelar Penawaran Saham Terbatas

PT Bumi Resources Tbk mendapatkan izin efektif untuk gelar rights issue dan obligasi wajib konversi pada 22 Juni 2017.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menawarkan saham baru terbatas V dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue dan obligasi wajib konversi (OWK).

Perseroan memperoleh izin efektif rights issue dan OWK dari OJK pada 22 Juni 2017. Rencana rights issue dan OWK untuk merestrukturisasi utang yang dipunya perseroan dari beberapa kreditur, yakni China Investment Corporation (CIC), UBS, Axis Bank dan Castleford.

Mengutip informasi perseroan soal penawaran umum terbatas V dan OWK di laman PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), perseroan menyampaikan rencana tersebut dengan ketentuan. Pertama, setiap pemilik 1.034 saham yang dimiliki akan mendapatkan 1.000 HMETD seri A. Jadi setiap pemegang satu HMETD seri A berhak membeli satu saham seri B dengan harga pelaksanaan Rp 926,16.

Kedua, setiap pemilik 1.000 saham akan memperoleh 284.494 HMETD seri B. Jadi setiap satu HMETD seri B berhak membeli 1 unit OWK dengan harga pelaksanaan Rp 1 setiap unit OWK dengan denominasi Rp 1 per unit OWK. Total keseluruhan Rp 8,45 triliun. OWK dalam PUT ini diterbitkan tanpa warkat (scriptless).

OWK berjangka waktu 7 tahun terhitung sejak tanggal emisi. OWK wajib dikonversikan menjadi saham biasa seri B antara lain pada tahun pertama dan kedua, harga konversi sebesar 30 persen premium atas Rp 926,16.

Kemudian pada tahun ke-3, harga konversi merupakan jumlah yang lebih rendah dari Rp 926,16 dan 40 persen premium atas harga rata-rata saham perseroan untuk periode 6 bulan terakhir pada hari kerja sebelum hari pertama tahun ke-3.

Selanjutnya pada tahun ke-4, harga konversi merupakan jumlah yang lebih rendah dari Rp 926,16 dan 40 persen premium atas harga rata-rata saham perseroan untuk periode 6 bulan yang berakhir pada hari kerja sebelum hari pertama tahun ke-4.

Pada tahun ke-5, ke-6 dan ke-7, harga konversi merupakan jumlah yang lebih rendah dari Rp 926,16 dan 25 persen premium atas harga rata-rata saham perseroan untuk periode 6 bulan yang berakhir pada hari kerja sebelum hari pertama tahun ke-5 dan ke-6.

Pada tanggal jatuh tempo OWK, seluruh OWK yang tertunggak wajib dikonversikan dengan harga konversi merupakan harga rata-rata saham perseroan untuk periode 6 bulan yang berakhir pada hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo OWK. Periode OWK wajib dikonversikan menjadi saham biasa seri B pada tanggal jatuh tempo OWK.

Konversi dari OWK menjadi saham biasa seri B dapat dilakukan sejak emisi hingga sebelum tanggal jatuh tempo OWK. OWK menawarkan tingkat bunga sebesar 6 persen per tahun.

Jika saham baru dan OWK yang ditawarkan dalam rights issue tidak seluruhnya diambil atau dibeli oleh pemegang HMETD, sisanya akan dialokasikan kepada pemegang HMETD lainnya.

Apabila usai alokasi itu masih terdapat sisa HMETD yang belum dilaksanakan, saham baru yang tersisa akan akan diambil bagian oleh PT Danatama Kapital Investama, PT Samuel International, dan sisa OWK akan diambil bagian oleh Innovate Capital Pte Ltd melalui konversi utang tanpa pembayaran tunai pada harga saham dengan rights issue, yaitu Rp 1 setiap unit OWK.

Saham baru dan hasil konversi OWK ini seluruhnya merupakan saham yang dikeluarkan dari portepel perseroan yang memiliki hak sama dan sederajat dalam segala hal termasuk hak atas dividen dengan saham yang telah disetor penuh lainnya.

Sebelumnya PT Bumi Resources Tbk akan menukarkan utang perusahaan dengan efek baru senilai US$ 3,87 miliar. Total utang itu terdiri dari empat utang eksisting.

Berdasarkan data RTI pada perdagangan Kamis 6 Juli 2017, saham PT Bumi Resources Tbk ditransaksikan naik 0,58 persen ke level Rp 346 per saham. Total frekuensi 1.902 kali dengan nilai transaksi Rp 28,2 miliar.

Jadwal Rights Issue

Jadwal kegiatan rights issue PT Bumi Resources Tbk antara lain kegiatan perdagangan bursa yang membuat HMETD di pasar reguler dan negosiasi pada 7 Juli 2017. Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD di pasar reguler dan negosiasi pada 10 Juli 2017.

Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD di pasar tunai pada 12 Juli 2017, tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD pada 13 Juli 2017. Sedangkan penentuan pemegang rekening yang berhak menerima HMETD pada 12 Juli 2017.

Distribusi HMETD pada 13 Juli 2017, pencatatan efek di bursa pada 14 Juli 2017, perdagangan HMETD pada 14-20 Juli 2017, pelaksanaan HMETD pada 14-20 Juli 2017, dan penyerahan efek pada 18-24 Juli 2017.

Pembayaran pemesanan saham tambah pada 24 Juli 2017. Penjatahan efek tambahan pada 25 Juli 2017. Sedangkan pengembalian uang pemesanan pembelian saham tambahan yang tidak memperoleh penjatah pada 27 Juli 2017.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.