Sukses

Harga Bawang Turun, Cabai Stabil

Harga komoditas pangan terpantau stabil di pasar tradisional. Harga pangan tersebut tak jauh beda jika dibanding dengan pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Harga komoditas pangan terpantau stabil di pasar tradisional. Harga pangan tersebut tak jauh beda jika dibanding dengan pekan lalu.

Hadi Sukarto (48), pedagang Pasar Kebayoran Lama Jakarta Selatan bahkan menyebut harga bawang merah turun dari Rp 48 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg. Pasokan yang memadai di Pasar Induk Kramat Jati membuat harga turun.

"Bawang merah turun ke Rp 40 ribu, minggu kemarin Rp 48 ribu per kg turun Rp 45 ribu lalu ke Rp 40 ribu per kg. Seminggu langsung turun," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Di Pasar Induk, harga bawang merah saat ini sekitar Rp 32 ribu per kg. Berbeda dengan pekan sebelumnya sekitar Rp 42 ribu per kg. "Bawang merah, ibaratnya dari Induk Rp 32 ribu per kg, ibaratnya bisa jual Rp 40 ribu per kg gampang," tambah dia.

Pedagang lain Sobari (50) mengatakan, harga pangan memang terpantau stabil. Harga tersebut tak jauh beda dari minggu lalu. "Sama aja, nggak naik, nggak turun. Segitu aja," ujar dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com:

1. Cabai

Harga cabai keriting merah dan cabai rawit merah terpantau stabil. Hari ini, cabai keriting merah Rp 30 ribu sementara cabai rawit merah Rp 45 ribu per kg. "Dari minggu kemarin segini terus," kata Hadi Sukarto.

Hadi mengatakan, harga cabai terpantau stabil sejak puasa dan Lebaran tahun ini. Keduanya bahkan tak sampai menembus Rp 60 ribu per kg. "Lebaran tidak ada yang naik. Tidak ada yang Rp 60 ribu per kg standar Rp 40 ribu per kg. Dari puasa kaya gitu," ujar dia.

2. Bawang merah

Harga bawang merah turun dari pekan sebelumnya Rp 48 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg pekan ini. Pasokan yang cukup menjadi sebab turunnya harga bawang merah. Di Pasar Induk, bawang merah saat ini dipasok dengan harga Rp 32 ribu per kg atau turun dari pekan sebelumnya Rp 42 ribu per kg.

3. Bawang putih

Harga bawang putih masih Rp 50 ribu per kg. Kendati tinggi, harga ini masih tak banyak bergerak dari pekan lalu.

4. Timun, kol, tomat, wortel, dan daun bawang

Harga beberapa komoditas di atas ini masih stabil. Harga kol dan timun masih sama dibanding pekan lalu yakni Rp 12 ribu per kg. Sementara, harga tomat Rp 10 ribu per kg, wortel Rp 14 ribu per kg, dan daun bawang Rp 18 ribu per kg.

5. Kentang

Harga kentang masih stabil walaupun terpantau tinggi. Harga kentang saat ini mencapai Rp 18 ribu-20 ribu per kg.
Kentang sudah mahal sejak sebelum Lebaran. Padahal, pedagang biasa menjual seharga Rp 10 ribu per kg.

"Kentang yang belum turun masih Rp 18 ribu-20 ribu. Sudah lama kentang. Dari mau Lebaran sudah Rp 18 ribu per kg," pungkas Hadi.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.