Sukses

7 Ide Bisnis yang Cocok Bagi Fresh Graduate

Siapa tahu, dengan meniti bisnis ini para fresh graduate bisa mendapat penghasilan lebih besar daripada bekerja kantoran.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan dunia kerja yang makin ketat membuat para lulusan baru universitas (fresh graduate) harus memutar otak untuk bisa bertahan dengan kemampuan yang mereka miliki. Tak heran, beberapa di antaranya lebih memilih untuk memulai bisnis sebagai batu loncatan karier di dunia kerja.

Ada beberapa ide bisnis yang bisa dicoba dirintis fresh graduate. Siapa tahu, dengan meniti bisnis ini para fresh graduate bisa mendapat penghasilan lebih besar daripada bekerja kantoran.

Ini dia ulasannya melansir Businessnewsdaily.com, Senin (10/7/2017):

1. Bisnis pakaian

Berjualan pakaian merupakan ide bisnis yang paling mudah untuk dilakukan. Jika anda suka membuat desain baju kemudian mewujudkannya menjadi sebuah pakaian jadi, kenapa tidak memulai bisnis pakaian Anda sendiri?

Pada awalnnya, Anda bisa mengerjakannya sendiri. Namun untuk pengembangan usaha, sebaiknya Anda juga mencari tenaga penjahit atau vendor yang sesuai dengan lini bisnis Anda.

2. Pembuat konten media sosial

Peluang bisnis yang lain yang bisa dicoba adalah dengan membuka jasa penulisan konten. Keberadaan sosmed saat ini membuat kehidupan kita selama 24 jam seolah tidak pernah berhenti.

Individu-individu kreatif seperti penulis atau desain grafis dapat mengeksplor bakat mereka untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi, baik untuk kepentingan bisnis maupun media.

3. Bisnis EO

Aktif berorganisasi dan sering mengadakan acara kegiatan kampus bisa jadi bekal anda dalam membuka bisnis EO. Anda sudah terbiasa bekerja dengan orang banyak, dikejar deadline, mencari sponsor, dan menangani berbagai hal teknis lainnya.

Dengan memiliki kenalan supplier tenda, sound system, meja kurs,i dan perlengkapan acara lainnya, anda bisa memulai usaha jasa EO ini.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membuat kerajinan

4. Membuat kerajinan

Selain bisnis pakaian, bisnis kerajinan tangan pun merupakan satu ide usaha yang tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar.

Banyak contoh produk kerajinan tangan yang bisa Anda coba buat sendiri. Setelah itu Anda bisa menjualnya via online atau melalui media sosial.

5. Admin media sosial

Saat ini, tak ada bisnis yang tak membutuhkan media sosial sebagai sarana promosi. Biasanya, beberapa perusahaan akan menyewa orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi untuk menarik klien atau pembeli.

Dan untuk menghasilkan konten yang menarik, perusahaan berani membayar admin media sosialnya untuk mencari referensi dari berbagai sisi yang bisa menjadi daya tarik.

3 dari 3 halaman

Penulis lepas

6. Penulis lepas

Profesi menjadi penulis lepas adalah salah satu contoh usaha tanpa modal besar yang bisa dikerjakan di rumah secara online. Menjadi seorang penulis lepas di salah satu website yang memiliki topik tentang bisnis.

Artikel yang ditulis seputar tentang bisnis dan referensinya dapat dilihat dari berbagai artikel bisnis yang ada di internet ataupun buku.

7. Fotografer

Sebagai seorang fotografer lepas, Anda tak perlu khawatir merasa bosan melihat background foto yang itu-itu saja.

Karena biasanya, Anda akan ditugaskan untuk beberapa kegiatan, baik di dalam maupun di luar ruangan. Pekerjaan ini juga akan mengajak Anda untuk melihat indahnya dunia dengan gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.