Sukses

Mentan Ingin Kembalikan Kejayaan RI Sebagai Negeri Kaya Rempah

Dulu, rempah-rempah melimpah di Maluku, Bengkulu, Sulawesi, dan daerah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman menyatakan, pemerintah melalui Kementerian Kehutanan (Kemenhut) tengah menyiapkan lahan yang akan menjadi hutan sosial. Pengelolaannya akan diberikan kepada masyarakat untuk ditanami berbagai rempah-rempah sehingga Indonesia sebagai negeri kaya rempah bisa kembali berjaya.

"Kemenhut mempersiapkan lahan hutan sosial, redistribusi lahan, dan nanti kita atur dengan baik," ujar Amran usai Rakor Lahan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Peran Kementerian Pertanian, kata Amran, akan memberikan bantuan berupa alat dan mesin pertanian, bibit atau benih gratis. Hal ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam program redistribusi lahan seluas 12,7 juta hektare (ha).

"Yang jelas ada bibit sukun, cengkeh. Kita siapkan benihnya untuk tanaman hortikultura, perkebunan," terangnya.

Tujuan redistribusi lahan hingga pemberian bantuan benih atau bibit tanaman, Amran bilang, untuk mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai Negeri yang kaya rempah-rempah. Dulu, rempah-rempah melimpah di Maluku, Bengkulu, Sulawesi, dan daerah lainnya.

"Kita bangkitkan kembali kejayaan rempah-rempah Indonesia. Itu mimpi dan keinginan kita. Caranya dengan memberikan benih gratis ke seluruh petani Indonesia, karena sekarang kita memperhatikan kesejahteraan petani. Mereka kan sudah swasembada beras, jagung, dan bawang, sekarang pendekatan kita kesejahteraan," tandas Amran.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.