Sukses

Mau Dapat Gaji Besar di Kantor Baru? Ini Trik Negosiasinya

Melalui proses negosiasi gaji memang tidak mudah. Kadang perlu trik untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan pengalaman dan kemampuan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mengharapkan bisa mendapat gaji besar. Maka tak jarang salah satu langkah yang dilakukan adalah meminta bos untuk bisa memberikan nominal gaji yang lebih besar.

Walau begitu, meski nominal gaji tertentu sudah diajukan oleh perusahaan, ada beberapa orang yang ingin bisa mendapat angka lebih tinggi. Kalau ingin mendapatkan hal ini, maka trik negosiasi yang tepat harus dilakukan.

Melalui proses negosiasi gaji ini memang tidak mudah. Kadang perlu trik untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan pengalaman dan kemampuan Anda.

Jadi, bagaimana Anda bernegosiasi untuk mendapatkan gaji yang sesuai? Berikut tipsnya seperti dikutip dari laman CNBC, Selasa (11/7/2017):

1. Tentukan ekspektasi

Sebelum meminta gaji dengan jumlah lebih besar, pastikan Anda tahu dulu ekspektasi jumlah yang ditawarkan perusahaan.

Selain itu, Anda juga harus tau berapa presentase kenaikan gaji yang bisa perusahaan berikan kepada karyawan. Dengan begini, Anda bisa mengira-ngira seberapa besar jumlah gaji yang ingin Anda ajukan.

2. Buat riset dan berikan contoh pencapaian

Agar bos bisa lebih percaya dengan Anda, jangan lupa untuk membuat riset kecil-kecilan tentang besaran gaji di pasaran saat ini.

Anda juga harus memperlihatkan pencapaian apa saja yang sudah dilakukan saat bekerja untuk menunjukkan kemampuan yang Anda punya.

3. Mulai bicara

Banyak orang yang ingin mendapat kenaikan gaji, tapi takut untuk memintanya pada bos. Jangan ragu, tidak ada salahnya untuk memulai pembicaraan akan hal ini. Apabila Anda tidak yakin untuk berbicara langsung, Anda bisa membuka percakapan via email terlebih dahulu.

Simak video menarik di bawah ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai bicara

4. Buat rencana

Setelah berbicara dengan bos, langsung susun rencana terhadap kemungkinan yang bisa terjadi. Pihak perusahaan mungkin tidak akan memberikan Anda gaji sesuai dengan apa yang Anda minta. Kalau sudah begini, Anda harus punya rencana cadangan yang akan dilakukan.

5. Jangan lupa follow up

Anda juga harus bertanya kembali atau follow up dengan bos terhadap apa yang sudah Anda ajukan. Seringkali, dengan banyaknya urusan yang harus ia lakukan bos Anda jadi lupa dengan usulan kenaikan gaji yang Anda minta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.