Sukses

Miliarder Warren Buffett Beli Perusahaan Transmisi Listrik

Perusahaan investasi Warren Buffett, Berkshire Hathaway akusisi perusahaan transmisi listrik Oncor Electric Delivery Co senilai US$ 9 miliar

Liputan6.com, New York - Perusahaan investasi milik miliarder Warren Buffett sepakat akuisisi perusahaan transmisi listrik Oncor Electric Delivery Co. Nilai akuisisi mencapai US$ 9 miliar atau sekitar Rp 120,64 triliun (asumsi kurs Rp 13.405 per dolar Amerika Serikat).

"Oncor sangat sesuai untuk Berkshire Hathaway. Kami senang melakukan investasi jangka panjang lainnya di Texas. Ketika kami investasi di Texas, kami berinvestasi besar," ujar Buffett, seperti dikutip dari laman CNBC, Sabtu (8/7/2017).

Bila semua proses pembelian tersebut mendapatkan persetujuan regulator dan negara bagian serta pengadilan, unit energi Berkshire Hathaway menjadi pengendali salah satu perusahaan transmisi listrik terbesar di Amerika Serikat (AS).

"Buffeet melihat sebuah taruhan di sektor infrastruktur dengan investasi jangka panjang yang baik. Dengan kesempatan yang tersedia bagi perusahaan seukuran Berkshire, investasi seperti Oncor akan menghasilkan 8-10 persen setiap tahun dapat diterima," ujar Presiden Direktur Check Capital Management Inc, Steven Check.

Dengan akuisisi tersebut juga menyoroti peran CEO Berskhire Hathaway Energy Greg Abel (55). Investor menganggap sosok-nya sebagai kandidat teratas menggantikan Buffett (86) untuk pimpinan perusahaan induk di Omaha, Nebraska itu.

Adapun Oncor memberikan tenaga lebih dari 3,4 juta rumah dan bisnis melalui jalur transmisi dan distribusi sepanjang 122.000 mil (196.000 KM). Sekitar 80 persen kepemilikannya dipegang oleh Energy Future Holdings Corp yang dibeli oleh Berkshire. Pada 2016, Oncor membukukan keuntungan sekitar US$ 431 juta.

Dalam pernyataan, Abel menuturkan, kalau perusahaan bertujuan untuk menyediakan layanan kepada pelanggan yang luar biasa dan komitmen untuk investasi di infrastruktur yang penting. Abel juga berkomitmen investasi di energi terbarukan termasuk angin.

Unit usaha energi Berkshire Hathaway telah menghasilkan kontribusi hampir 10 persen untuk kinerja keuangan Berkshire Hathaway. Kontribusinya mencapai US$ 2,29 miliar dari total keuntungan US$ 24,07 miliar pada 2016.

"Buffett selalu memiliki kepercayaan diri kepada Greg Abel. Tidak keberatan menempatkan jumlah bisnis yang hampir tak terbatas di tangannya," kata Check.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.