Sukses

Waspada Penipuan Berkedok Lowongan Kerja di Bandara Kulonprogo

PT Angkasa Pura I (Persero) akan melaporkan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap beredarnya modus penipuan berkedok lowongan pekerjaan Bandara Kulonprogo, Yogyakarta. Informasi tersebut beredar melalui surat elektronik (email) atau melalui aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Line. 

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi menjelaskan, dalam informasi yang beredar tersebut menyebutkan, bahwa PT Angkasa Pura I sebagai pihak pengelola Bandara Kulonprogo sedang membuka lowongan besar-besaran. Padahal informasi yang beredar tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Modus yang digunakan dalam penipuan tersebut adalah pelaku meminta kepada para peminat lowongan kerja tersebut untuk mengirimkan lamaran melalui email gratis, seperti gmail atau yahoo sebagai alamat pengiriman lamaran.

Contohnya seperti rekrutmen.angkasapura1@gmail.com, angkasapura1jogja@gmail.com, recrutment.angkasapura1@gmail.com, www.angkasapura1@gmail.com dan infoangkasapura1@yahoo.com .

Selanjutnya, pelaku akan menghubungi calon pelamar, yang menginformasikan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes. Alamat lokasi tes yang dipakai juga palsu dan proses tes-nya sendiri pun nantinya tidak akan pernah diadakan.

Di email tersebut disebutkan bahwa calon pelamar harus melakukan reservasi tiket pesawat atau hotel kepada biro travel fiktif. Dari sinilah penipu tersebut mengeruk keuntungan, yaitu dari uang yang ditransfer oleh calon pelamar untuk memesan tiket pesawat atau hotel.

“Saat ini cukup banyak beredar informasi melalui media WhatsApp, bahwa Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Internasional Yogyakarta Baru di Kulonprogo tengah membuka lowongan pekerjaan. Dengan ini kami nyatakan, bahwa informasi tersebut adalah tidak benar dan mengandung unsur penipuan. Pengumuman rekrutmen PT Angkasa Pura I (Persero) tidak pernah dilakukan melalui email, dan tidak dipungut biaya apapun,” terang Israwadi seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (9/7/2017).

Israwadi mengatakan, bahwa pengumuman rekrutmen korporat diumumkan melalui media massa nasional dan website korporat. “Kami tidak pernah bekerja sama dengan biro travel apapun dalam hal rekrutmen karyawan. Untuk Bandara Kulonprogo pada saat ini juga belum dilakukan proses rekrutmen karyawan,” lanjutnya.

Angkasa Pura I akan melaporkan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan perusahaan. Masyarakat dimohon agar selalu waspada dan melakukan konfirmasi mengenai informasi rekrutmen, melalui Contact Center Bandara 172 di nomor telepon 172.

Berikut ini kutipan informasi penipuan yang sering dilayangkan melalui layanan email atau aplikasi pesan instan tersebut:

ayooo yg punya anak, saudara, adik, tetangga suruh pd nglamar bandara jogja yg baru...
Di Buka Lowongan Kerja
PT. Angkasa Pura Airports Kulon Progo
(Perusahaan pengelola bandar udara)...

Di Butuhkan Karyawan/ti untuk Mengisi Posisi :
• Aviation Security Officer
• Fly Security
• Fire Fighting Officer
• Apron Movement
• Controller/Avia Bridge
• Air Traffic Controller
• Aircraft Maintenence
• Engineer
• Flight Operation Officer
• Perawat
• Marshaller
• Check In Counter
• Costumer Service
• Pemadam kebakaran
• Driver
• Mekanik

Fasilitas :
- Gaji Pokok UMR Rp 6.500.000,-
- Uang Makan
- Mess / Transport / jemputan
- Seragam
- BPJS
- Premi Kehadiran
- THR

PERSYARATAN
1. Pria / Wanita
2. Usia 18 - 45 Thn
3. Pendidikan Min SMA / SMK sederajat.
4. Memiliki penampilan dan komunikasi yang baik

Kirimkan Surat Lamaran kerja & CV anda lewat email : rekrutmen.angkasapura1@gmail.com
Bantu BC ya informasi lowongan kerjanya mungkin saja bisa bermanfaat. Indahnya berbagi

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.