Sukses

Kenalkan Fasilitas Keuangan ke Sektor Mikro, PBR Bakal Bersinergi

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) berkomitmen terus mengembangkan perekonomian khususnya untuk sektor mikro kecil. Perbarindo ingin membuka akses keuangan kepada masyarakat yang bergerak di sektor mikro. 

Ketua Umum Perbarindo Djoko Suyanto mengatakan, Perbarindo sebagai asosiasi industri Bank Perkereditan Rakyat (BPR) telah mendeklarasikan bentuk komitmen untuk mengembangkan perekonomian di sektor mikro kecil. Untuk menjalankan komitmen tersebut, BPR akan melakukan sinergi untuk meningkatkan pelayanan dalam memberikan fasilitas keuangan ke masyarakat, diantaranya penggunaan teknologi.

"Kalau kita BPR kan kecil, tetapi kalau kita bicara sinergi maka bisa menjadi besar. Jadi capital expenditure (capex) tidak meningkat, tapi  operational expenditure (opex) meningkat tanpa mempengaruhi struktur permodalan," papar dia, dalam Seminar Kajian Pengembangan Produk dan Layanan Serta Strategi Branding BPR, di Jakarta, Senin (10/7/2017).

Selain mendeklarasikan komitmen mendorong pertumbuhan sektor mikro, Perbarindo juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Asuransi Jasa Indonesia. ‎Hal ini akan dijadikan pondasi untuk menjadi kerja sama asuransi umum, terkait kredit pada sektor pertanian dan peternakan.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)‎ Muliaman D Hadad mengatakan, BPR akan mendapat tempat di hati masyarakat dan memenangkan persaingan. Jika melakukan penguatan kelembagaan, pembenahan internal, produk dan layanan bervariasi, yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat, serta strategi branding.

"Secara prinsip, pasar mikro dan kecil masih terbuka luas bagi BPR, untuk berkembang dan meningkatkan‎ kinerjanya di masa mendatang," tutup Muliaman.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
BI: UMKM Kunci Penciptaan Sumber Ekonomi Baru RI
Artikel Selanjutnya
HIPPI Dan APPI Jalin Kerjasama Dorong Pertumbuhan UMKM Indonesia