Sukses

Awal Pekan, Harga Sayuran Stabil

Harga sejumlah komoditas sayuran di pasar tradisional pada awal pekan ini relatif stabil jika dibandingkan dengan pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah komoditas sayuran di pasar tradisional pada awal pekan ini relatif stabil jika dibandingkan dengan pekan lalu. Namun pergerakan harga terjadi pada dua komoditas pangan yaitu bawang merah yang naik dan bawang putih yang perlahan kembali ke harga normal.

Wijah (38), salah satu pedagang sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan mengatakan, harga sayuran pasca Lebaran relatif stabil. Bahkan harga bawang putih yang sebelumnya sempat melambung tinggi kini mulai kembali normal.

"Habis Lebaran kemarin relatif lebih stabil. Bawang putih juga sudah mulai turun. Sekarang sudah balik ke harga normal, sekarang Rp 25 ribu-Rp 26 ribu per kg," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com ‎di Jakarta, Senin (10/7/2017).

Namun sebaliknya justru dialami oleh bawang merah. Harga komoditas sayuran tersebut yang sebelumnya turun, justru mengalami kenaikan. Namun kenaikan tersebut dinilai masih dalam batas yang wajar.

"Bawang merah justru lain naik. Tapi kecil, cuma (naik) Rp 1.000 sampai Rp 1.500. Sekarang Rp 35 ribu per kg," kata dia.

Sedangkan secara keseluruhan, lanjut Wijah, harga sayuran di pasar tersebut tak banyak bergerak. Sebagai contoh, cabai rawit merah dipatok pada harga Rp 35 ribu-Rp 37 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai merah keriting sebesar Rp 25 ribu per kg.

Berikut daftar harga sayuran berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Cabai merah keriting Rp 25 ribu per kg
- Cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg
- Cabai merah besar Rp 42 ribu per kg
- Cabai rawit hijau Rp 35 ribu per kg
- Bawang merah Rp 35 ribu per kg
- Bawang putih Rp 25 ribu pe‎r kg‎
‎‎- Kentang Rp 15 ribu per kg
- Timun Rp 8.000 per kg
- Wortel Rp 12 ribu per kg
- Tomat Rp 12 ribu per kg
- Sawi Rp 10 ribu per kg.

 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.