Sukses

5 Tantangan agar Simpan Uang Lebih Besar

Coba menantang diri Anda untuk mengelola keuangan dengan baik, sehingga membuat hidup lebih sehat dan bahagia.

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan uang dengan baik dan membelanjakan barang sesuai kebutuhan ketimbang keinginan memang tidak mudah. Mungkin sikap boros dan rasa keinginan begitu besar dapat mengalahkan keinginan menabung.

Meski demikian, hal itu jangan membuat Anda menyerah. Lebih baik terus mencoba hingga akhirnya dapat mengelola keuangan dengan baik. Selain itu, dengan mengelola keuangan dengan baik, diharapkan dapat mencapai tujuan keuangan Anda. Ini diharapkan dapat membuat Anda lebih sehat dan bahagia.

Ingin belajar mengelola keuangan dengan baik, yuk simak langkah berikut seperti dikutip dari laman Wisebread, Selasa (11/7/2017):

1. Menabung Selama 52 Minggu

Tantangan ini membuat Anda menabung selama seminggu. Ini sebaiknya dilakukan selama setahun. Jadi misalkan Anda menabung sebanyak Rp 10 ribu pada minggu pertama, kemudian jumlah itu bertambah setiap minggu.

Misalkan minggu kedua menjadi Rp 20 ribu. Jadi itu dilakukan selama satu tahun. Langkah ini cukup mudah bukan? Namun, memang butuh komitmen untuk melakukannya.

2. Berhenti makan di luar dan kurangi makanan junk food

Berdasarkan data pemerintah di Amerika Serikat (AS), setiap keluarga di AS menghabiskan biaya sekitar US$ 3.000 pada 2015 hanya untuk makan malam di luar. Jadi setiap bulan pengeluaran untuk makan di luar sekitar US$ 250.

Pada tahun yang sama, rata-rata keluarga di AS menghabiskan biaya kebutuhan hidup sekitar US$ 4.015. Melihat hal tersebut, orang AS dinilai terlalu bergantung pada makanan dan jajanan. Hal itu berpengaruh pada kondisi keuangan.

Jadi tantangan selanjutnya agar dapat menyimpan uang adalah dengan mengurangi bahkan berhenti untuk makan di restoran. Serta kurangi makan junk food. Setidaknya untuk langkah awal, coba setiap dua bulan sekali untuk makan di luar.

Selain itu, bawa makan siang dari rumah. Kalau Anda sudah berkeluarga dan punya anak, siapkan bekal untuk anak ketika mereka sudah sekolah. Setiap minggu Anda juga bisa secara kreatif untuk membuat camilan sehat dan murah meriah bagi anak dan keluarga. Jadi cara ini diharapkan dapat membuat Anda sehat dan hemat.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belanja Seminggu Sekali

3. Belanja seminggu sekali

Langkah selanjutnya untuk menghemat dengan belanja seminggu sekali. Jadi Anda sudah memiliki daftar belanja secara mingguan. Tentukan hari untuk berbelanja bagi rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari kalau masih single. Misalkan tetapkan hari Jumat untuk belanja mingguan.

Diharapkan cara ini dapat membuat Anda lebih mudah susun anggaran bulanan. Selain itu, diharapkan tak membuat Anda setiap hari mengunjungi supermarket.

4. Manfaatkan program promo

Kini setiap perusahaan memiliki program promo untuk menarik konsumen. Misalkan dari perusahaan tv kabel, seluler, dan lainnya. Coba manfaatkan program promo yang mereka tawarkan. Namun Anda perlu cermat melihat program promo itu apakah menguntungkan bagi Anda. Kalau bisa membuat Anda menyimpan uang lebih besar, langkah tersebut bisa dimanfaatkan.

5. Kosongkan dapur dan kulkas sebulan sekali

Lihatlah kulkas, freezer dan pantry Anda. Siapa tahu ada bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kue dan bahan makanan lainnya. Dengan cara ini juga bisa menghemat, sehingga tidak perlu jajan di luar. Selain itu, cara tersebut juga dapat membuat kulkas dan dapur Anda lebih rapi.

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.