Sukses

Jack Ma: Saya Pria Beruntung yang Sukses karena Wanita

Jack Ma mengatakan, selain di kehidupan sehari-hari, sosok wanita di perusahaan pun sangat penting.

Liputan6.com, Hangzhou - Salah satu orang terkaya dunia, pendiri sekaligus Bos Alibaba Group Jack Ma membeberkan rahasia kesuksesannya menjalankan perusahaan. Kunci sukses Alibaba terkait dengan sosok wanita.

Jack Ma mengatakan, selain di kehidupan sehari-hari, sosok wanita di perusahaan pun sangat penting. Di masa depan pun, menurut Jack Ma wanita harus bisa lebih mendominasi.

"Jika kita bisa lebih banyak pemimpin perempuan, dunia akan lebih baik," katanya di acara She Era Alibaba Group Global on Women Entrepreneurship di Hangzhou International Expo, Hangzhou, Zhejiang, China.

Jack Ma pun membeberkan rahasia kesuksesan dirinya dan perusahaan adalah karena wanita. Saat ini, 47 persen karyawan Alibaba adalah wanita dan jumlahnya akan terus ditingkatkan. Bahkan jajaran pimpinan Alibaba Group, 34 persen merupakan wanita.

"Saya berterima kasih untuk wanita yang bekerja di perusahaan kami. Saya pria beruntung yang sukses karena didukung oleh wanita. Itu rahasia perusahaan. Tak ada perusahaan yang berbagi rahasianya, tapi Alibaba mau," tutur pria berharta Rp 555 triliun ini.

"Saat kita gagal, ada wanita yang mendukung," tutur dia.

Jack Ma menambahkan, wanita adalah sosok yang mengedepankan detail dan intuisi. "Jadi kalau ingin mengembangkan kualitas harus mengandalkan wanita. Zaman sekarang, khususnya abad 21, perusahaan tak lagi mengandalkan skala. Tapi perusahaan kecil dan hebat berkualitas," katanya.

Hal lain yang menarik soal wanita menurut Jack Ma adalah sesibuk apapun mereka, selalu mengedepankan keluarga. Banyak wanita berbisnis dan berkarir tapi tak melupakan keluarga.

"Wanita berpikir keluarga, laki-laki berpikir diri sendiri. Banyak orang sukses di belakangnya ada ibu yang hebat, tapi jarang di belakang orang sukses ada ayah yang hebat," kata Jack Ma disambut riuh tepuk tangan dan tawa kecil penonton yang hadir.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.