Sukses

Riset: Anak Sulung Bisa Lebih Sukses dari Adiknya

Menjadi anak sulung memang sering membuat tertekan karena besarnya tanggung jawab yang perlu dipikul.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi anak sulung memang sering membuat tertekan karena besarnya tanggung jawab yang perlu dipikul. Namun, tenang saja, menurut penelitian kalian cenderung bisa lebih sukses kok.

Baru-baru ini, National Bureau of Economic Research merilis sebuah hasil penelitian yang akan membuatmu kian bangga. Menurut mereka, anak sulung memiliki kesempatan sukses lebih besar. Umumnya, anak sulung bisa menduduki peringkat tertinggi di sekolah dan lebih cerdas.

Jika berbicara soal karier, anak sulung bisa menduduki tahta tertinggi seperti CEO di suatu perusahaan. Bukan karena kamu lahir pertama, sukses bisa kamu dapatkan.

Ini dia beberapa penyebab anak sulung bisa lebih sukses dari adiknya, dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Anak Sulung diasuh orangtua “sesungguhnya”

Apakah pola pengasuhan orangtua sangat berpengaruh pada kepribadian dan kesuksesan anak? Jawabannya adalah iya. Karena bentuk pola asuh yang diterapkan orangtua akan membentuk seorang anak menjadi sosok seperti apa saat besar nanti.

Ketika memiliki anak pertama, para pasangan sama-sama tengah belajar untuk menjadi orangtua yang sesungguhnya. Meski ada kesan orang tua amatiran, mereka bisa memberikan dukungan emosional terbaik kepada anaknya.

Dengan begitu, anak pertama akan mendapatkan stimulasi kognitif terbaik daripada anak kedua dan seterusnya. Cinta mereka belum terbagi dan masih memiliki waktu untuk membacakan dongeng ataupun bermain bersama dengan dirimu.

2. Lebih cerdas dan bertanggung jawab

Karena dilibatkan dalam proses “mendidik” sang adik, anak sulung yang sudah mengemban tugas sedari kecil ini akan tumbuh menjadi sosok yang bertanggung jawab. Tak heran jika anak pertama ini cenderung lebih patuh dan paham betul nilai-nilai dalam keluarga.

Hal ini didukung dengan hasil riset yang dilakukan di Norwegia pada 2007 lalu. Riset yang dilakukan pada 250 ribu anak di Norwegia menunjukkan, bahwa IQ anak sulung akan lebih tinggi dari adik mereka, yakni sebesar 2,3 poin.

Tonton video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sang pemimpin

3. Lahirnya sang pemimpin

Jika ditanya siapakah orangtua kedua dalam sebuah keluarga, anak sulung bisa mengambil posisi ini. Peran tambahan yang telah mereka sandang sedari dini membuatnya lebih mendominasi sang adik.

Nantinya, saat bergelut dalam dunia kerja, anak sulung bisa dipercaya untuk mengemban tugas-tugas berat. Mereka adalah para pemimpin yang sudah terlatih.

4. Anak sulung, si kalem dan teliti

Banyak karakter idaman yang bisa dimiliki oleh anak sulung nih. Anak sulung dinilai lebih kalem dan lebih teliti nantinya. Kamu bisa lebih kalem saat menjalani kehidupan. Fakta ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 di Australia.

Sudah cukup puas dengan penjelasan mengapa anak sulung cenderung lebih sukses? Dukung fakta-fakta di atas dengan bukti yang nyata. Buktikan bahwa anak sulung memang tercipta untuk menjadi sosok yang berkualitas!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.