Sukses

6 Trik Jitu Sukses Memulai Bisnis Kecil

Kamu bisa lho sukses memulai bisnis UMKM sedari muda! Yuk, terapkan 6 trik jitu untuk berbisnis UMKM ini.

Liputan6.com, Jakarta- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa menjadi pemain utama dalam langkah  memajukan perekonomian Indonesia. Lahirnya para wirausahawan-wirausahawan baru selalu dinanti-nantikan.

Maklum saja, pelaku usaha UMKM ternyata mencapai angka 99,99 persen secara nasional. Tak menutup kemungkinan banyak karyawan yang banting setir  menjadi wirausahawan ke depannya.

Apakah kamu ingin menjadi bagian dari pion perekonomian Indonesia? Yuk berbisnis UMKM saja. Modal yang dibutuhkan tak terlalu besar dan banyak pasar yang bisa kamu sasar. Inilah 6 trik jitu sukses memulai bisnis UMKM seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Pilih jenis UMKM sesuai kemampuan dan minat

Betapa bahagianya seorang pebisnis yang dapat membuka usaha sesuai dengan renjananya. Meski banyak sekali kendala yang menghadang, jika memulai bisnis pada bidang yang disukai tentu terasa lebih mudah menjalaninya. Makin bagus lagi jika didukung oleh kemampuan diri.

Misalnya, kamu jago dalam dunia berkebun nih. Lalu, kamu tertarik untuk merambah budidaya sayuran organik. Berawal dari sini, kamu bisa memulai bisnis sayuran organik hingga membuka restoran sehat yang tengah hits di Indonesia.

2. Jeli dalam menyusun rencana bisnis

Apa sih sebenarnya business plan? Business plan laiknya sebuah nahkoda yang mengarahkan ke manakah bisnis UMKM-mu akan berlayar. Dalam business plan, kamu harus mencantumkan deskripsi usaha, target pasar, strategi, hingga tujuan jangka panjang. Dengan memiliki business plan, kamu tahu betul mau dibawa ke manakah bisnis yang telah digeluti.

Semua keputusan bisnis yang kamu pilih akan terukur. Dengan begitu, kamu bisa menghindari risiko mengambil keputusan asal-asalan. Atau buruknya, bisa mengantisipasi bisnis macet di tengah jalan karena rencana bisnis yang tak jelas.

3. Siapkan strategic plan dan SOP yang pasti

Jika ingin memiliki pola kerja yang tak asal-asalan dan konsisten, kamu wajib memiliki pedoman yang mendetail berupa Standard Operating Procedure (SOP). Dalam SOP, kamu bisa menemukan penjabaran bisnis yang tengah dikelola. Apalagi saat ingin memperluas bisnis ke waralaba, SOP sangat dibutuhkan.

Sementara itu, jika kamu tengah menghadapi konflik dalam bisnis, bisa berpatokan pada strategic plan. Masalah bisnis yang bisa kita alami di antaranya permasalahan dengan karyawan, adanya kompetitor, rekan bisnis dan lainnya. Strategic plan ini memuat beragam strategi untuk mengatasi beragam kendala bisnis yang ada.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Relasi bisnis

4. Bangun relasi bisnis

Menggeluti bisnis UMKM kian seru jika kamu memiliki relasi bisnis yang terpercaya. Relasi bisnis bisa menjadi tempat rujukan untuk bertukar pikiran. Saat kamu tengah menghadapi masalah, kamu memiliki teman untuk bertukar pikiran dan mencari solusi.

Dan lagi, relasi bisnis bisa menjadi jalan untuk pemasaran produkmu. Dengan bantuan mereka, kamu bisa mencari supplier terpercaya, melebarkan bisnis, hingga mendapatkan konsumen baru.

5. Promosi di sosial media

Makin banyaknya sosial media yang ditawarkan bisa menjadi media promosi yang menguntungkan. Kamu bisa memanfaatkan Twitter, Instagram, dan Facebook untuk mempromosikan produkmu. Kamu bisa makin dekat dengan konsumen dengan memanfaatkan WhatsApp, Line dan BBM.

6. Mencari pinjaman untuk modal usaha

Mencari pinjaman untuk modal usaha bisa menjadi langkah selanjutnya ketika bisnis tengah berjalan. Kondisi stagnan akan menjadi ancaman tak terbantahkan jika tak memiliki cukup banyak modal.

Coba manfaatkan kredit tanpa agunan terpercaya dari Tunaiku.  Para karyawan dapat meminjam modal senilai 2 hingga 10 juta rupiah untuk memulai bisnis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.