Sukses

Begini Cara agar Anda Tak Iri dengan Kekayaan Orang Lain

Kecemburuan akan finansial orang lain umumnya timbul karena kita hanya melihat kondisi secara permukaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kecemburuan akan finansial orang lain umumnya timbul karena kita hanya melihat kondisi secara permukaan. Maksudnya kita hanya melihat suatu hal dari satu sisi saja.

Misalnya ketika melihat teman lain di usia yang sama bisa membeli mobil mewah, teman kantor yang selalu membeli tas mahal setiap bulannya, atau mereka yang selalu berganti gawai setiap ada keluarga terbaru.

Tapi sekali lagi, kita sering kali hanya melihat fenomena tersebut dari satu sisi saja. Jadi saat kamu mulai merasa iri atau cemburu dengan kondisi finansial orang lain, ingat hal berikut seperti dikutip dari CekAja.com:

1. Rumput tetangga tidak selalu lebih hijau

Orang yang membuat Anda iri mungkin saja sebenarnya sengsara. Misalnya sebenarnya dia bisa membeli barang mahal secara mencicil, kemudian cicilannya menunggak sampai harus dikejar-kejar debt collector.

Atau mereka bekerja sampai 90 jam seminggu dan banyak bekerja sampingan demi membeli barang mahal tersebut.

Pada kenyataannya mungkin ada saja orang yang memang banyak uang tanpa harus bersusah payah. Tapi uang bukan jawaban dari semuanya. Karena mungkin saja mereka kesepian atau punya kehidupan sosial yang buruk.

Ada dua sisi dalam setiap kisah. Ini artinya Anda jangan cepat-cepat menyimpulkan kalau hidupnya benar-benar sempurna.

2. Tanyakan pada diri sendiri kenapa bisa iri

Ketika melihat kekayaan orang lain, kita sering kali berpikir “Seandainya aku memilikinya.” Namun tanyakan juga pada diri Anda, kenapa Anda membutuhkannya?

Misalnya tetangga Anda baru saja membeli mobil sport yang terkenal super cepat. Tapi apakah berguna di kota yang terkenal macet seperti Jakarta?

Kemudian pikirkan juga biaya pemeliharaannya, pajak, dan asuransi yang harus dibayarkan. Ditambah lagi ketakutan kalau memarkirkan mobil sembarangan karena Jakarta terkenal rawan kriminalitas.

Simak video menarik di bawah ini:

Melihat yang sudah dimiliki



3. Melihat yang sudah dimiliki

Banyak orang yang masih kesulitan mengakses air bersih dan makanan layak, tidak punya rumah, tidak bisa berobat di rumah sakit, dan harus bekerja keras dengan upah yang sangat minim.

Hidup Anda mungkin sederhana. Tapi bagi mereka, hidup Anda adalah impian mereka. Cobalah melihat dari perspektif berbeda.

4. Ada banyak hal yang lebih penting daripada uang

Uang tidak bisa menjamin kebahagiaan, namun bisa membuat hidup semakin mudah. Faktanya memang demikian. Namun uang tidak bisa membeli hal yang paling berharga seperti kesehatan dan kehangatan keluarga. Uang juga tidak bisa membeli cinta yang tulus.

Kalau kita dikelilingi orang yang menyayangi kita, diberi kesehatan, memiliki makanan dan minuman yang cukup, serta banyak hal-hal menyenangkan lainnya, maka bersyukurlah dengan hidup Anda saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.