Sukses

17 Tips Bikin Kerja Jadi Lebih Menyenangkan

Tidak semua orang dapat mengatur waktu dan menjalani hari dengan lancar dan bahagia.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki jumlah hari dan jam yang sama untuk mencapai tujuan mereka. Namun, mengapa tingkat produktif tiap orang berbeda? Hal ini disebabkan karena setiap orang memiliki cara masing- masing untuk melakukan suatu hal.

Tidak semua orang dapat mengatur waktu dan menjalani hari dengan lancar dan bahagia. Berikut ini beberapa tips produktif untuk membuat hari Anda lebih menyenangkan yang berhasil dikutip dari Madison, Rabu (12/7/2017):

1. Tidur dengan waktu yang cukup

Tidur merupakan sesuatu yang penting dan dibutuhkan oleh setiap orang. Karena, dengan tidur energi seseorang dapat kembali terisi dan dapat kembali menjalani hari dengan semangat.

Tidur dengan waktu cukup antara tujuh sampai sembilan jam dapat membuat Anda lebih bersemangat melewati hari. Sebuah studi RAND pada 2016 menemukan bahwa AS telah mengalami kerugian produktivitas sebesar US$ 411 miliar atau sebesar Rp 5,5 triliun (estimasi kurs 13.397 per dolar AS) akibat para pegawai kurang tidur.

2. Bangun lebih awal

Psikolog menemukan bahwa seorang anak yang bangun pagi lebih awal cenderung lebih produktif. Selain itu, bangun pagi lebih awal juga dapat membuat manusia lebih sehat dan bahagia.

Hal ini semakin diperkuat dengan cerita para orang sukses, seperti CEO Pepsi Indra Nooyi yang selalu bangun pagi lebih awal agar dapat melakukan persiapan terlebih dahulu.

3. Olahraga

Sebuah studi oleh Jim McKenna dari University of Bristol mengemukakan bahwa olahraga dapat meningkatkan kinerja dalam bekerja. Hal ini dikarenakan saat Anda berolahraga aliran darah ke otak akan semakin banyak dan menghasilkan energi yang lebih banyak.

Sempatkan waktu sekitar 30 menit untuk berolahraga dipagi hari agar Anda memiliki energi lebih dalam menjalani hari.

4. Sarapan

Mungkin beberapa dari Anda sering berpikir untuk melewatkan sarapan agar bisa memulai bekerja lebih pagi. Tetapi ternyata itu salah. Sebuah studi menemukan bahwa sarapan dapat meningkatkan kinerja akademis anak- anak. Sarapan sangat dibutuhkan agar kita mendapat sumber energi lain untuk menjalani hari atau memulai pekerjaan.

Utamakan sarapan dengan makanan bergizi mendapat pasokan nutrisi yang baik di pagi hari.

5. Prioritas 

Sebelum memulai aktivitas, Anda boleh membuat matriks atau daftar mana kegiatan yang penting dan harus dilakukan dan mana kegiatan yang tidak terlalu penting. Ini dapat membuat Anda lebih mudah mengatur waktu dan kegiatan setiap hari.

Utamakan untuk melakukan kegiatan yang benar- benar penting dan harus dilakukan oleh Anda.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Pemecahan masalah

6. Pecah masalah besar menjadi tugas yang lebih kecil

Jangan terlalu pusing atau cepat menyerah saat Anda diberikan sebuah tugas yang besar. Sebuah pepatah lama pernah mengatakan bahwa cara paling mudah untuk memakan gajah adalah menggigitnya sekaligus.

Dalam melakukan pekerjaan atau tugas yang besar, cobalah berpikir bahwa semua hasilnya harus menjadi yang terbaik agar dapat mendorong Anda untuk menganggap tugas tersebut mudah.

7. Tetapkan deadline 

Banyak orang mengatakan bahwa waktu adalah uang atau time is money. Ini dikarenakan setiap orang memiliki kebutuhan akan waktu yang berbeda- beda. Biasakan untuk memberi waktu deadline pada diri Anda agar bisa menyelesaikan segala sesuatunya tepat waktu. Ini juga melatih Anda untuk disiplin.

8. Memblokir waktu anda

Pendekatan terbaik Anda untuk menyelesaikan sesuatu adalah dengan membuang waktu untuk setiap tugas yang harus Anda capai.Berfokus pada jumlah waktu tertentu pada satu tugas akan meningkatkan produktivitas Anda lebih banyak daripada yang mungkin Anda pikirkan.

9. Katakan tidak

Tidak semua yang diminta atau Anda minta itu baik dan berguna untuk Anda. Manfaatkan waktu dan energi Anda untuk sesuatu yang lebih bermanfaat untuk diri Anda. Anda berhak untuk mengatakan tidak pada kegiatan atau pekerjaan yang tidak berguna untuk Anda.

10. Perhatikan waktu luang

Terkadang banyak pekerjaan yang tertunda akibat tidak memperhatikan waktu. Biasakan untuk menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu baru Anda boleh bersantai menggunakan sisa waktu Anda untuk melakukan pekerjaan ringan yang Anda sukai. Jangan sampai lebih banyak waktu luang daripada waktu untuk bekerja.

11. Lakukan hal yang sulit terlebih dahulu

Biasakan untuk menyelesaikan hal atau pekerjaan sulit terlebih dahulu. Ini dapat membuat Anda akan merasa mendapat prestasi saat Anda sudah dapat menyelesaikan hal atau pekerjaan sulit terlebih dahulu.

Istirahat

12. Langkah mundur saat mengatasi masalah

Terkadang, dalam menyelesaikan sebuah tugas pasti akan ditemukan pula masalah. Jika terjadi sebuah masalah dalam pekerjaan Anda. Jangan hanya terpatok untuk menyelesaikan.

Beristirahatlah sebentar dan biarkan pekerjaan tersebut tidak selesai. Otak Anda akan benar-benar terus mencoba memecahkan masalah saat Anda melakukan hal lain.

13. Gunakan teknologi
Di zaman modern seperti saat ini kemajuan teknologi benar- benar sangat pesat. Setiap pekerjaan manusia lebih terbantu dengan adanya teknologi. Jangan ragu- ragu untuk menggunakan teknologi dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

14. Matikan tanda peringatan

Tanda peringatan biasa masuk pada laptop atau gadget Anda. Terkadang hal ini membuat perhatian Anda tersita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Matikan tanda peringatan yang tidak penting agar Anda tidak terganggu dalam melakukan pekerjaan.

15. Cek email pada waktu tertentu

Terkadang banyak orang mengabaikan email masuk karena suka merasa terganggu. Padahal, mengecek email juga penting. Agar tidak merasa terganggu, jadwalkan waktu untuk mengecek email.

16. Gunakan filter email otomatis

Gunakan filter otomatis pada email masuk ke folder Anda. Ini akan membantu Anda menjadi lebih terorganisir saat Anda memeriksa dan menanggapi email.

17. Banyak minum air putih

Sebuah studi dari University of East London menemukan bahwa otak lebih mampu memusatkan perhatian pada tugas ketika seseorang memiliki cukup air untuk diminum. Biasakan untuk minum air putih secara cukup agar Anda lebih fokus dan sehat. (Fransiska Wahyuning)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.