Sukses

Pemerintah Bangun Infrastruktur Telekomunikasi di Pulau Miangas

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membangun ratusan BTS di wilayah-wilayah perbatasan dan terluar.

Liputan6.com, Jakarta - Selain membangun pos lintas batas negara (PLBN) di wilayah perbatasan Indonesia dengan negara lain, pemerintah juga membangun infrastruktur telekomunikasi di wilayah tersebut. Salah satu yang infrastruktur telekomunikasi yang akan dibangun pada tahun ini yaitu di Pulau Miangas, Sulawesi Utara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, ‎Miangas merupakan pulau terpulau Indonesia yang berbatasan dengan Filipina. Di pulau tersebut, pemerintah akan membangun infrastruktur telekomunikasi seperti pembangunan base transceiver station (BTS).

"Contoh salah satu yang sedang kita siapkan adalah Miagas, pulau yang lebih dekat ke Filipina. Bahkan masyarakatnya ada yang pakai Peso dari pada dia ke Manado atau ke Talaut. Harus ada seluler, harus ada televisi, harus ada radio, internet. Jadi dari sisi pertahanan juga dari sisi sosial," ujar dia dalam Rakor Pengendalian Pengelolaan Perbatasan Negara di Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Menurut dia, sejauh ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membangun ratusan BTS di wilayah-wilayah perbatasan dan terluar. Sebagai contoh, di sejumlah wilayah perbatasan di Pulau Kalimantan telah terbangun sekitar 77 BTS untuk mengakomodir para operator telekomunikasi untuk memperluas jaringannya ke wilayah tersebut.

"Contohnya di Kalimantan, operator kan tidak visible di sana, jadi Kominfo yang bangun BTS, ada 77 sudah operasional sekarang. Powernya pakai solar cell. Itu baru Kalimantan, belum lagi pulau-pulau terluar. Banyak ada ratusan. Itu di luar palapa ring. Palapa ring juga menjangkau pulau terluar seperti Natuna, Talaut, Papua, bahkan sampai Saumlaki, Pulau Wetar," jelas dia.

Menurut Rudiantara, pihaknya akan terus menambah ketersediaan infrastruktur telekomunikasi di wilayah-wilayah perbatasan dan terluar. Namun dia belum bisa memastikan target pembangunan infrastruktur tersebut pada tahun depan.

"Kita akan tambah lagi jumlahnya, angkanya saya tidak hapal. Kita akan rapatkan lagi," tandas dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.