Sukses

Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar Berstandar Internasional

Peningkatan pelayanan di terminal penumpang pelabuhan Makassar mendapatkan apresiasi dari Kementerian Perhubungan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menutup operasi angkutan Lebaran 2017. Secara keseluruhan penyelenggaraannya berjalan lebih baik dari tahun lalu.

Dalam pelaksanaannya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sedikit menyoroti penyelenggaraan arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 di Indonesia Timur, yang terpusatkan di Makassar. Hal yang menarik perhatian Budi, yaitu peningkatan pelayanan penumpang kapal laut yang melalui Pelabuhan Makassar.

PT Pelindo IV Cabang Makassar merupakan satu-satunya pelabuhan utama di Indonesia sebagai operator pelabuhan, yang mendapatkan penghargaan atas pencapaian optimal dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2017 dalam Kategori Terminal Penumpang.

"Seperti diketahui, manajemen Pelindo IV sebagai pengelola telah membenahi Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar hingga kini menjadi satu-satunya terminal penumpang di kawasan timur Indonesia (KTI) yang telah berstandar internasional layaknya bandara," kata Budi dalam keterangan tertulis, Rabu (12/7/2017).

Ia menuturkan, fasilitas yang tersedia antara lain, ruang untuk menyusui, kipas angin khusus, AC di ruang tunggu terminal penumpang di lantai satu dan dua, ruang kesehatan, tempat charge telepon genggam, air keran yang bisa langsung dikonsumsi, toilet yang senantiasa bersih, mushala berikut perlengkapan salat dan kursi roda untuk penyandang disabilitas.

Selain itu, Pelindo IV juga memperketat keamanan di area pelabuhan dengan tidak membiarkan penumpang bertumpuk di ruang tunggu.

"Hanya penumpang yang ingin berangkat saja yang dipersilahkan masuk ke ruang tunggu yang sudah difasilitasi," tambah Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung.

Doso Agung menambahkan, keamanan di Pelabuhan Makassar juga telah didukung dengan pemasangan kamera CCTV yang siap mengawasi semua pergerakan penumpang, dari mulai pintu masuk pelabuhan hingga naik ke kapal.

Terminal penumpang yang sudah berstandar internasional itu pun telah dilengkapi antara lain dengan garbarata atau jembatan penghubung dari ruang tunggu terminal penumpang ke pintu masuk kapal.

Selain itu, telah tersedia travelator, connecting bridge serta fasilitas lain untuk kenyamanan penumpang di terminal yang siap menampung hingga 4.000 orang.

Selain telah melakukan penataan arus penumpang embarkasi (keberangkatan) dan debarkasi (kedatangan), Pelindo IV juga sudah melakukan penataan pedagang kaki lima (PK5) di area Pelabuhan Makassar, pemasangan CCTV sebanyak 9 titik di sisi dermaga, 18 titik di terminal penumpang lantai satu dan dua, serta 16 titik di area PK5.

"Jadi tidak ada lagi pedagang asongan yang berkeliaran di area dermaga dan terminal penumpang, sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang kini lebih terjamin," tegas Doso.

Dari sisi keamanan, manajemen juga telah bekerja sama dengan aparat keamanan, baik dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), serta Lantamal dan K9 Polda Sulsel, juga telah memiliki alat keamanan seperti metal detector.

Peningkatan pelayanan ini yang menjadikan Pelindo IV mendapat apresiasi penghargaan untuk penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2017.

"Kami mengapresiasi penghargaan ini sebagai kerja keras semua pihak, khususnya di lingkungan Pelindo IV," tutur Doso Agung. (Yas)

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.