Sukses

Cetak Rekor, Warren Buffett Sumbang Duit Rp 42 Triliun Sehari

Terkenal sebagai miliarder yang hidup sederhana, Warren Buffet menganggap uang bukanlah segalanya.

Liputan6.com, New York - Meski dikenal sebagai salah satu miliarder dengan kekayaan terbesar di dunia, Warren Buffett ternyata memilliki jiwa sosial yang tinggi. Miliarder satu ini dilaporkan baru saja menyumbang amal hingga US$ 3,2 miliar atau Rp 42 triliun dalam sehari.

Pengumuman tersebut disampaikan Buffett melalui perusahaannya, Berkshire Hathaway. Ini bukanlah kali pertama Buffett memberikan amal dalam jumlah besar. Pernyataan dari perusahaannya juga mengungkap, dia telah menyumbang miliaran dollar untuk amal selama lebih dari 10 tahun.

Amal dalam jumlah besar tersebut akan disumbang untuk lima badan amal di mana Warren Buffett merupakan anggotany. Dilansir dari CNNMoney, Rabu (12/7/2017), badan amal tersebut antara lain Bill & Melinda Gates Foundation, Buffett's education-focused charity, Sherwood Foundation, Howard G. Buffett Foundation dan NoVo Foundation.

Terkenal sebagai miliarder yang hidup sederhana, Buffet menganggap uang bukanlah segalanya. Dia tetap tinggal di rumah sederhana seharga US$ 31.500 selama lebih dari 50 tahun. Pria terkaya ketiga di dunia ini juga tidak memiliki kapal pesiar mewah, pesawat pribadi, bahkan Buffet tidak pernah memberikan uang ke anaknya karena ingin mereka merdeka secara finansial.

Investor paling tersukses di dunia ini pertama kali berinvestasi pada usia 11 tahun. Meski sudah berusia 85 tahun, dia tetap pergi bekerja setiap hari karena tidak pernah kehilangan passion untuk investasi.

Saat ini, Buffett masih mengempit 17 persen saham Berkshire. Investor kawakan ini telah menyumbang lebih dari 40 persen saham Berkshire. Bill Gates merupakan teman dekat Buffett.

Biasanya, Buffett mengurangi sekitar 5 persen saham yang ia donasikan dari jumlah yang diberikan di tahun sebelumnya. Daftar orang terkaya yang dikeluarkan Forbes menempatkan Warren Buffett sebagai orang terkaya nomor tiga di dunia. Ia mampu memiliki kekayaan hingga US$ 68,5 miliar.

Simak video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.