Sukses

Hati-hati! 8 Hal Sepele Ini Bisa Buat Anda Dicap Buruk di Kantor

Beberapa hal sepele ini bisa membuat Anda dinilai negatif di tempat kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar profesional pasti memikirkan cara bagaimana mereka bisa meningkatkan performa kerja agar mereka tetap dipertahankan oleh perusahaan dan disenangi teman kerja. Berbagai hal pun bisa dilakukan. Baik hal-hal normal hingga tindakan yang justru bisa membuatnya dibenci rekan kerja.

Ada banyak hal yang bisa membuat Anda dinilai negatif di tempat kerja. Beberapa hal sepele ini salah satunya. Berikut 8 hal yang tidak boleh Anda lakukan di kantor melansir CNNMoney.com, Jumat (14/7/2017):

1. Terlalu banyak komplain

Tidak semua hal dalam pekerjaan bisa berjalan sesuai keinginan. Terkadang, ada juga beberapa aspek yang membuat Anda harus melakukan penyesuaian.

Tak jarang, hal ini pun bisa membuat Anda sebal dan ingin komplain. Meski begitu, coba tahan keinginan Anda untuk melakukan hal ini kalau tidak mau dicap negatif di kantor.

2. Terlalu berinisiatif

Tidak ada salahnya untuk mengerjakan pekerjaan di luar tugas Anda. Hal ini juga bisa membuat Anda mendapat poin plus dari bos.

Tapi jangan sampai inisiatif Anda justru mengganggu pekerjaan Anda yang asli. Ini hanya akan memperburuk citra Anda di kantor

3. Memakai pakaian tidak sopan

Setiap perusahaan biasanya memiliki aturan berpakaiannya masing-masing. Jika Anda cukup beruntung, maka Anda mungkin bekerja di suatu perusahaan yang mengizinkan Anda berpakaian santai.

Akan tetapi, bila tidak, pastikan Anda menggunakan pakaian rapi yang sesuai. Hanya memiliki sedikit pakaian? Tidak masalah, pastikan saja pakaian yang Anda kenakan selalu terlihat bersih dan rapi.

4. Membicarakan politik

Tempat bekerja kita tidak luput sebagai tempat yang baik untuk membicarakan masalah politik Indonesia pada saat ini. Pembicaraan politik akan tidak berbahaya jika hanya berkisar pada penyelenggaraan pemilihan secara umum.

Namun, bila sudah menyangkut pilihan seseorang, maka obrolan politik bisa jadi malapetaka bagi hubungan sosial dua individu. Maka, Anda harus berhati-hati saat mengangkat topik politik di kantor. Cobalah bersikap netral saat diajak diskusi politik oleh rekan kerja.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bergosip

Bergosip
Tidak peduli di mana pun Anda bekerja, bergosip adalah hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan. Akan lebih baik bila Anda menghindari berbagai kesempatan untuk bergosip tentang rekan kerja Anda. Ingatlah bahwa Anda datang ke kantor adalah untuk bekerja, bukan untuk bergosip mengenai rekan kerja Anda.

Terlalu sering bermain media sosial di kantor
Banyak banyak pegawai yang merasa semakin sulit membedakan kehidupan pribadi dan profesional. Sehingga seringkali banyak pegawai yang menghabiskan waktu mengakses berbagai akun jejaring media sosialnya di jam-jam kerja.

Meski media sosial sangat penting, tapi bukan berarti Anda menghabiskan waktu produktif secara percuma hanya untuk mengakses media sosial media dan memenuhi rasa keingintahuan mengenai kegiatan orang lain.

Terlalu memaksakan kerja padahal sakit
Demi tetap terlihat baik, ada pekerja yang tetap memaksakan diri untuk masuk meski sedang kurang sehat. Bukannya mendapat penghargaan, tindakan seperti ini malah bisa membuat Anda dicap negatif karena menyebarkan virus sakit di kantor.

Mencuri makanan rekan kerja Anda
Ini memang hal sepele. Sering pula dilakukan oleh beberapa pekerja di kantor. Meski rekan kerja Anda tidak mempermasalahkan, melakukan hal ini tetap saja tidak diperkenankan. Bukan tak mungkin Anda justru akan dibenci oleh rekan kerja Anda di kantor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.