Sukses

3 Pos Keuangan Wajib saat Tahun Ajaran Baru

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ajaran baru.

Anak-anak mulai masuk sekolah. Jalanan makin ramai tiap pagi karena penuh dengan anak-anak yang pergi ke sekolah. Usaha-usaha kecil di sekitar sekolah sudah mulai menggeliat kembali.

Di play group, TK dan SD, para orangtua atau pengasuh atau asisten rumah tangga mulai terlihat muncul menunggu jam bubaran sekolah di area tunggu.

Bicara keuangan, orangtua yang dananya pas-pasan kemarin mungkin sudah lega karena -walaupun uang habis- tapi mereka akhirnya bisa membayar uang pendaftaran - baik uang pangkal atau uang untuk masuk ke tingkat kelas yang baru, seperti kelas 1 naik ke kelas 2 dan seterusnya.

Sekarang, apa yang harus Anda lakukan tentunya adalah dengan mempersiapkan dana operasional yang dibutuhkan untuk keberlangsungan sekolah anak Anda di tahun ajaran baru ini.

Berikut ini adalah tiga pos yang harus Anda siapkan setiap tahun ajaran baru:

1. Iuran sekolah beberapa bulan ke depan

Buat Anda yang anaknya sekolah di sekolah swasta, ada iuran sekolah yang harus dibayarkan tiap bulan. Tahu tidak bahwa sebagian orangtua punya masalah dalam membayar jumlah tertentu tiap bulan.

Bukan, bukan uang yang tidak ada, tapi seringkali tidak semua orangtua punya disiplin yang baik dalam melakukan pembayaran tiap tanggal tertentu setiap bulan. Sebabnya macam-macam, bisa karena seringkali uang terpakai untuk hal lain, lupa, atau apapun itu.

Jadi, untuk menjamin anak Anda bisa terus sekolah, maka kalau saat ini Anda punya dananya, selamatkan dulu iuran sekolah anak minimal tiga bulan ke depan.

Dengan menyelamatkan dulu dananya, maka Anda sudah menyelamatkan juga sekolah anak Anda selama beberapa bulan ke depan.

Kalau iuran sekolah anak Anda katakan Rp 1 juta sebulan, maka sisihkan minimal Rp 3 juta, dan taruh di rekening yang Anda buat khusus untuk bayaran sekolah.

Jangan gunakan rekening tersebut untuk tujuan lain, gunakan hanya untuk bayaran sekolah. Setiap bulan, pastikan Anda isi lagi rekening tersebut sehingga saldo tetap terjaga untuk tiga bulan iuran sekolah ke depan.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Seragam dan lainnya

2. Alat dan perlengkapan sekolah

Untuk urusan seragam baru, minggu ini mungkin Anda sudah membelinya. Tapi kadang, kalau anak Anda minimal SD, ada alat-alat dan perlengkapan sekolah yang harus dibeli. Stationery seperti alat tulis, tempat pensil, buku-buku, serta bahan-bahan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

Mata pelajaran seperti science juga kadang membutuhkan proyek yang harus diselesaikan oleh anak dan itu seringkali butuh bahan-bahan yang harus dibeli.

Selain alat  dan perlengkapan sekolah, kadang-kadang sekolah juga mengadakan sejumlah acara untuk anak-anak yang - beberapa diantaranya - harus bayar.

Pastikan Anda meminta jadwal acara-acara yang mungkin akan diadakan untuk si anak, membuat perkiraan biayanya, menanyakan juga tentang apa saja alat dan perlengkapan sekolah yang harus dibeli, total jumlahnya, dan sisihkan uang dari sekarang.

Jadi ketika tiba waktunya untuk membayar, tak ada alasan untuk tidak bisa membayarnya.

3. Uang saku

Banyak orangtua yang memutuskan untuk tidak memberikan uang saku untuk anak dengan alasan supaya anaknya tidak jajan di luar. Takutnya kurang bersih, katanya. Jadi ya kalau mau dibawakan saja bekal makan dari rumah.

Masuk akal memang. Tapi, saya selalu menganggap bahwa pendidikan tentang uang memang harus diberikan sejak dini. Karena percuma saja kita tidak memberikan uang saku karena cepat atau lambat anak-anak pasti akan pegang uang sendiri sehingga mau tidak mau dia pasti butuh untuk belajar tentang uang.

Nah, dengan memberikan uang saku, mereka akan belajar tentang uang dari usia dini. Kalau Anda takut anak-anak Anda jadi boros, ya anggap saja belajar.

Daripada borosnya nanti pas sudah besar, lebih baik boros sekarang tapi setelah itu dia mendapatkan pelajaran berharga sehingga harapannya kelak dia tidak akan boros lagi.

Nah, itulah dia tiga hal yang harus Anda siapkan atau dana yang harus Anda sisihkan setiap tahun ajaran baru. Mudah-mudahan bermanfaat demi kelangsungan sekolah anak Anda.

 

Safir Senduk & Rekan

Telepon: (021) 2783-0610
HP: 0818-770-500 (Dala Rizfie-Manajer)
Twitter/Instagram: @SafirSenduk

 

Artikel Selanjutnya
3 Taktik agar Tak Bokek di Tanggal Tua
Artikel Selanjutnya
Polisi dan TNI Jaga Sekolah yang Digembok Warga Hingga 3 Hari