Sukses

Investor China Tertarik Garap Kereta Danau Toba, Ini Kata Bos KAI

Rute kereta Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi-Pematangsiantar-Danau Toba dinilai sangat potensial.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengaku siap terlibat dalam proyek pembangunan kereta api dari Medan menuju Danau Toba, Sumatera Utara. Jalur kereta api tersebut dinilai potensial untuk angkutan penumpang maupun barang ke tempat wisata Danau Toba.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengaku mengetahui rencana investasi pembangunan jalur kereta api di Sumatera utara, dari Medan menuju Danau Toba yang dilirik investor China.

"Kelihatannya sedang dilanjutkan pembicaraannya dengan China. Mudah-mudahan cepat, karena kalau infrastruktur rel kan tugasnya pemerintah," ujar dia saat ditemui di Gedung DPR, Kamis (13/7/2017).

Jika ada kesempatan untuk masuk ke proyek tersebut, Edi mengaku siap. Sebab, ia menilai rute Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi-Pematangsiantar-Danau Toba sangat bagus.

"Siap, karena itu rute bagus tidak penumpang saja. Untuk angkutan barang juga, yang pasti pariwisata. Termasuk angkutan barangnya karena melewati perkebunan dari arah Sekabu Siantar masuk ke Danau Toba. Itu rute bagus sekali," jelasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya menjelaskan, pemerintah terus mengembangkan Danau Toba karena merupakan destinasi wisata yang potensial. Memang, untuk menuju ke Danau Toba dari Medan yang merupakan ibu kota Sumatera Utara cukup jauh.

Namun menurut Budi, jalur Medan ke Danau Toba dan sebaliknya merupakan lintasan yang sangat bagus karena pemandangannya indah. Oleh karena itu, wisatawan semakin termotivasi untuk mengunjungi Danau Toba.

“Lintasan ini akan menjadi jalur kereta yang traffic-nya luar biasa. Oleh karena itu, kami konsentrasi menjadikan destinasi wisata Danau Toba dengan menggunakan kereta api, selain dengan menggunakan pesawat udara,” kata Menhub.

Menggunakan kereta api ke Danau Toba, menurut Menhub, merupakan satu keasyikan tersendiri dan nantinya keberadaan jalur kereta api menuju Danau Toba sangat mendukung Danau Toba menjadi destinasi wisata utama selain Candi Borobudur dan Mandalika.

Untuk tahap awal, Kemenhub melalui Dirjen Perkeretaapian telah memprogramkan pembangunan jalur kereta api dari Siantar ke Danau Toba.
“Jalur kereta api dari Siantar ke Danau Toba akan mulai dibangun tahun depan dan paling cepat selesai pada tahun 2019,” kata Menhub.

Tonton video menarik berikut ini:



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.