Sukses

Kejar Target 20 Juta Wisman, Imigrasi Buka Lowongan Ribuan CPNS

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mencapai 20 juta pada 2019. Target tersebut akan didukung dengan penambahan petugas imigrasi, yang saat ini dibuka lowongan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 2.278 orang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Asman Abnur mengatakan, pemerintah membuka penerimaan CPNS dengan total 19.210 orang. Terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.

"Untuk MA ada posisi calon hakim, sedangkan di Kementerian Hukum dan HAM dibuka untuk jabatan petugas imigrasi dan penjaga lapas," ujar Asman saat berbincang dengan Liputan6.com, di kantornya, Jakarta, Jumat (14/7/2017).

Berdasarkan data Kementerian PAN-RB, formasi untuk MA sejumlah 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Adapun kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.962 kursi, terdiri dari 14.000 di antaranya untuk jabatan penjaga lapas atau sipir, dan 2.278 petugas imigrasi.

"Kita kan banyak membuka pos-pos imigrasi karena target kunjungan turis naik menjadi sekitar 20 juta. Check Point kita tambah banyak, tapi pegawainya tidak. Makanya kita akan tambah," Asman menjelaskan.

Sementara formasi CPNS untuk Kementerian/Lembaga lain, diakui Asman masih dalam proses. Tahapannya, Kementerian/Lembaga mengajukan formasi atau kebutuhan, sehingga dapat diproses oleh Kementerian PAN-RB.

"Yang lain (Kementerian/Lembaga) lagi di proses," tukas Asman.

Artikel Selanjutnya
Pengusaha Targetkan Transaksi Hari Diskon Belanja Rp 20 Triliun
Artikel Selanjutnya
Pelamar CPNS Kemenkumham dan MA Capai 661.564 Orang