Sukses

Terkuak, Pekerjaan Pertama Orang Terkaya di Dunia

Tahukah Anda apa pekerjaan pertama yang dilakoni oleh orang-orang kaya di dunia?

Liputan6.com, Jakarta Kita semua tahu kalau kebanyakan orang-orang terkaya di dunia merupakan pemilik perusahaan. Ada yang memulai bisnisnya  dari nol, ada juga yang memang keturunan keluarga kaya.

Tapi sudahkah Anda tahu pekerjaan seperti apa yang dilakoni oleh orang-orang kaya di dunia? Simak ulasannya seperti dikutip CekAja.com:

Warren Buffet
Total kekayaan: US$ 75,6 miliar
Pekerjaan pertama: Loper koran

Warren Buffet mulai membangun kerajaan bisnisnya sejak usia 13 tahun, saat dia bekerja sebagai loper koran. Perlu dicatat, Buffet pertama kali berinvestasi saham saat berusia 11 tahun dengan membeli saham Cities Service seharga US$38. Uang yang dikumpulkan kemudian menjadi modal berbisnis mesin pinball saat remaja.

Setelah lulus SMA, di saat teman-teman sebayanya sibuk berpacaran, Buffet sudah memiliki sebidang tanah di Omaha seharga US$1.200. Ia lulus kuliah dengan mengantongi US$10.000 dari bisnisnya.

Oprah Winfrey
Total kekayaan: US$ 3 miliar
Pekerjaan pertama: Kasir supermarket

Terlepas dari profesinya sebagai host ternama, Oprah Winfrey ternyata memulai kariernya sebagai kasir supermarket. Supermarket tersebut terletak di sebelah usaha pangkas rambut milik ayahnya.

Tidak puas, Winfrey berusaha mewujudkan mimpinya di bidang broadcasting. Dia kemudian diterima menjadi pembaca berita di sebuah stasiun radio di usia 16 tahun.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Michael Bloomberg



Michael Bloomberg
Total kekayaan: US$ 47,5 miliar
Pekerjaan pertama: Tukang parkir

Siapa sangka, Michael Bloomberg yang kini dikenal sebagai politikus dan investor handal ternyata pernah menjadi tukang parkir.

Berasal dari keluarga kelas menengah, Bloomberg membayar sendiri biaya kuliahnya sampai memperoleh gelar MBA dari Harvard. Dia kemudian berkarier di Wall Street. Kini Bloomberg merupakan salah satu dalam jajaran orang terkaya di Amerika.

3 dari 4 halaman

Bill Gates



Bill Gates

Total kekayaan: US$ 86 miliar
Pekerjaan pertama: Programmer

Siapa yang tidak kenal Bill Gates sang pendiri Microsoft? Gates yang drop out dari Harvard sudah memiliki ketertarikan pada teknologi sejak muda. Pekerjaan pertamanya adalah sebagai programmer komputer saat masih duduk di bangku SMA.

Kini Gates menjadi orang terkaya di dunia dan posisinya ini belum tergeser bertahun-tahun. Meski demikian, Gates yang dikenal sebagai maniak komputer sejak kecil ini mengurangi aktivitasnya di Microsoft sejak tahun 2008 untuk fokus pada kegiatan amal.

Melalui yayasan Bill & Melinda Dates yang didirikannya bersama sang istri, Gates menggelontorkan banyak uang untuk memperbaiki taraf pendidilkan, menghapus kelaparan, dan mengembangkan vaksin baru.

4 dari 4 halaman

Jeff Bezos



Jeff Bezos

Total kekayaan: US$ 72,8 miliar
Pekerjaan pertama: Tukang panggang di McDonald

Jauh sebelum mendirikan Amazon, Jeff Bezos berkutat di depan panggangan McDonald karena dia digaji untuk membolak-bolak roti dan burger. Pekerjaannya ini dilakoninya saat masih duduk di bangku SMA, tepatnya saat masih berusia 16 tahun.

Saat itulah dia belajar mempelajari suatu pengalaman yang berguna untuk bisnisnya kelak, yakni tentang kecepatan penyampaikan produk dari penjual ke konsumen tanpa komplain.

Kita semua tahu kalau menjadi loper koran atau tukang parkir tidak menjajikan kita menjadi orang kaya. Namun hal menarik yang bisa ditarik dari orang-orang kaya ini adalah bahwa mereka menemukan passion di usia mudia. Entah itu di bidang teknologi, investasi, atau bisnis. Hal ini membuktikan, bahwa dengan menekuni passion dengan sungguh-sungguh, kesempatan untuk sukses pun menjadi lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder