Sukses

Perkuat Modal, Pegadaian Bakal Terbitkan Obligasi

Dalam peluncuran ini pada tahap I target perolehan dana maksimum sebesar Rp 2,5 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Untuk memperkuat struktur modal kerja serta meningkatkan efisiensi biaya modal, Pegadaian dalam waktu dekat akan melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) III dengan target perolehan dana sebesar Rp 6 Triliun

Dalam peluncuran ini pada tahap I target perolehan dana maksimum sebesar Rp 2,5 triliun.

Humas PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani menyatakan, obligasi merupakan alternatif sumber dana Pegadaian selain pinjaman perbankan.

Peluncuran emisi obligasi tersebut saat ini tengah memasuki tahap persiapan registrasi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setelah diperoleh pernyataan efektif dari OJK , akan dilanjutkan dengan penawaran kepada investor.

“Kami berharap proses peluncuran obligasi kali ini berjalan mulus seperti periode sebelumnya. Rencana lanjuit diperkirakan pada bulan September tahun ini," kata Basuki kepada wartawan, Senin (17/7/2017).

Sebelumnya, Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah menaikkan peringkat Obligasi Pegadaian menjadi tripel A (idAAA) dari sebelumnya dobel A plus (idAA+).

Pemeringkatan tersebut tertuang dalam Surat Direktur Pefindo nomor : RC-302/PEF-DIR/IV/2017 tanggal 5 April 2017.

Penilaian dilakukan berdasarkan data dan informasi perusahaan serta Laporan Keuangan Audit tahun 2016. Lebih lanjut Basuki mengatakan, Peringkat tripel A merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Pefindo.

Dengan peringkat tersebut maka Pegadaian mempunyai kemampuan lebih baik (superior) untuk memenuhi keuangan jangka panjang dibandingkan obligor lainnya.

“Dengan struktur modal yang kuat dan biaya modal yang lebih efisien diharapkan ke depan Pegadaian dapat memberikan layanan yang lebih baik. Selain itu juga dapat memperluas jangkauan pelayanan kepada masyarakat yang lebih luas, sebab biaya ekspansi juga cukup tinggi,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bisnis utama Pegadaian adalah pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak baik secara konvensional maupun syariah.

    Pegadaian

  • Obligasi adalah surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan.

    obligasi

Video Terkini