Sukses

3 Tips Sederhana agar Belanja Hemat di Supermarket

Liputan6.com, Jakarta - Waktu berubah, keadaan berubah, begitu juga gaya hidup juga selalu berubah. Belanja yang dulu biasa dilakukan di pasar, kini bisa dilakukan di supermarket. Produk yang bervariasi dan suasana berbelanja yang nyaman menjadi nilai lebih bagi pembeli dibanding pasar tradisional.
    
Meskipun demikian, tidak jarang pula yang beranggapan bahwa harga di supermarket cenderung lebih mahal. Sebenarnya tidak demikian. Untuk mengantisipasinya berikut adalah tips hemat belanja di supermarket seperti dikutip dari Laruno:

1. Bandingkan harga dengan kuantitas

Periksa harga barang-barang di supermarket secara teliti dan lakukan perhitungan sederhana untuk dapat mengetahui kemungkinan-kemungkinan pembelian yang lebih murah.

Membeli bahan makanan segar di supermarket lebih murah dibeli per kilogram daripada dalam beberapa kemasan berbungkus sekaligus. Dengan cara tersebut, Anda juga akan dapat memeriksa setiap bahan makanan seperti buah atau sayuran yang cacat sehingga bisa mendapatkan kualitas yang terbaik.

Membeli potongan besar daging dan meminta tukang daging memotongnya dapat menghemat pengeluaran sekitar 30 persen dibandingkan dengan membeli daging potongan kecil dalam jumlah banyak.

Berapa produsen menyusutkan ukuran produk untuk mengatasi kerugian saat kenaikan harga. Sebaiknya Anda mengecek berbagai ukuran kemasan merek lain untuk mendapatkan harga dan kuantitas isi produk yang baik.

2. Ambillah barang yang memang Anda butuhkan

Kesalahan terbesar orang dalam berbelanja adalah mengambil barang yang tidak terlalu dibutuhkan karena beberapa hal, entah itu karena hasrat sesaat ataupun karena iming iming diskon. 

Untuk mengantisipasinya jangan gunakan troli yang memiliki ukuran besar kalau Anda memang tidak ingin berbelanjja terlalu banyak. Ruang kosong yang ada di dalam troli dapat mendorong hasrat Anda untuk berbelanja lebih.

Dengan menggunakan troli yang memiliki ukuran kecil atau menggunakan keranjang belanja, Anda bisa lebih mengontrol barang yang akan Anda ambil. Ingat, pastikan barang barang yang Anda ambil sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

3. Selalu gunakan daftar belanja

Menggunakan daftar belanja adalah salah satu cara paling efektif untuk mengerem pengeluaran. Dengan membuat daftar belanja Anda akan mengerti barang apa saja yang benar benar anda perlukan saat ini. Dan berbelanjalah hanya dari apa yang ada di daftar tersebut.

Simak video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Mau Bayar Tagihan Listrik Lebih Murah? Ini Rahasianya!
Artikel Selanjutnya
Trik Hemat Keuangan bagi Mahasiswa