Sukses

4 Jenis Bos Terburuk dan Cara Menghadapinya

Berikut daftar tentang empat bos terburuk dengan tips praktis untuk menghadapi mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Di dalam sebuah dunia yang ideal, kita akan memiliki bos yang sempurna di tempat kerja. Jenis bos yang menginspirasi dengan ambisinya, memperlakukan kita dengan setara, menghormati ide-ide dan sudut pandang kita, dan dengan tulus peduli dengan kesejahteraan kita.

Sayangnya, walaupun hal ini mungkin untuk menemukan seorang bos yang dapat memiliki sebagian besar (atau bahkan semua) kualitas di atas tadi, mereka tentu saja merupakan jenis yang langka. Di dalam dunia nyata, sebagian besar dari kita seringkali menemukan diri kita sendiri terjebak dengan para bos yang sangat tidak diinginkan.

Jika Anda saat ini bekerja dengan seorang bos yang menantang dan kehabisan kesabaran dalam menghadapinya, kami memahami perasaan Anda. Anda bisa mencari padang rumput yang lebih hijau dan membebaskan Anda sendiri dari tekanan ini.

Mempertimbangkan bahwa Anda menghabiskan paling sedikit 40 jam per minggu bekerja, hubungan kita dengan superior kita dan rekan kita sangatlah mempengaruhi kepuasan kerja kita dan kebahagiaan kita di tempat kerja.

Akan tetapi, jika Anda mencintai hal yang lainnya tentang pekerjaan Anda dan Anda ingin tetap tinggal kecuali tanpa harus memiliki seorang bos yang menantang tersebut, kami memuji kegigihan Anda. Walaupun begitu, Anda tidak harus melakukan ini sendirian.

Berikut daftar tentang empat bos terburuk dengan tips praktis untuk menghadapi mereka seperti dikutip dari Jobstreet:

1. Si Ahli Membual

Dia pandai bicara tentang suatu permainan yang bagus. Si klasik yang mengetahui segalanya, si ahli membual selalu suka untuk berbagi cerita-cerita hebat tentang siapa saja yang mereka kenal dan prestasi yang telah mereka capai.

Seringkali membumbui cerita-cerita mereka untuk faktor-faktor “wow” tambahan. Mereka biasanya tidak tahu apa yang harus mereka lakukan menyangkut pekerjaan yang harus dilakukan, seringkali mengandalkan bawahannya untuk membereskan semuanya.

Keuntungannya adalah Anda akan mendapatkan pengalaman yang sangat besar karena Anda mengerjakan pekerjaan bos Anda.

Lakukan ini

Lihatlah ini sebagai suatu kesempatan belajar. Menjadi sandaran bos Anda tidak hanya memberikan Anda poin tambahan untuk evaluasi kinerja Anda berikutnya. Hal ini juga menambah portofolio pengalaman Anda. CV Anda akan menjadi jauh lebih mengesankan untuk lamaran pekerjaan Anda selanjutnya.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Si bom waktu



2. Si bom waktu yang berdetik

Satu-satunya yang beraksi berlebihan akan provokasi terkecil sekalipun. Siapakah satu-satunya yang begitu ketat dan dia membentak akan kesalahan yang sangat kecil sekalipun.

Berangkat kerja terlambat 5 menit saja? Anda mungkin akan dicaci habis-habisan jika bos Anda menangkap basah Anda.

Menggunakan spasi tunggal dalam dokumen Anda sedangkan bos Anda meminta spasi ganda yang wajib digunakan? Dia mungkin akan berteriak histeris di hadapan seluruh karyawan. Tidak ada logika, yang ada hanya harus menuruti aturannya yang kaku saja.

Lakukan ini

Buatlah daftar akan apa saja yang sepertinya memicu amukan bos Anda dan pastikan untuk menghindari setiap hal tersebut.

Setiap hari, hal ini mungkin akan menyakitkan ketika harus selalu berhati-hati. Akan tetapi selama Anda bekerja di sana, hal inilah yang harus Anda lakukan. Ini mungkin saja tidak ideal, tetapi masih bisa diatur.

3 dari 4 halaman

Si Narsis


3. Si Narsis

Dia hidup di dalam gelembung-gelembung kecil akan ketidaksadaran bahwa aturan berlaku untuk semuanya, tetapi tidak untuknya. Alam semesta ini ada untuknya dan tidak apa pun dan orang lain. Bekerja dengan seorang narsis, seseorang pasti akan merasa tidak dianggap.

Mereka akan dengan senang bertindak sesuai kemauan mereka. Dalam kalangan para selebritas, dalam versi wanitanya akan setara dengan Mariah Carey dan versi laki-lakinya adalah Kanye West. Banyak drama dan mencari perhatian dan tidak banyak adanya tindakan kepemimpinan.

Lakukan ini

Abaikan panggilan bos Anda untuk validasi sesering mungkin dan carilah pengarahan dari tempat lain. Simpan sebuah catatan akan proyek dan pencapaian terbaru Anda – jangan mengandalkan bos Anda untuk menyimpan catatan pencapaian dan pengesahan Anda.

4 dari 4 halaman

Si Gila Kuasa



4. Si Gila Kuasa

Jenis bos yang tidak bisa tidak mengatur hal-hal terkecil yang Anda lakukan, mengawasi Anda dengan dekat dalam tugas-tugas yang paling mudah sekalipun.

Ini adalah tanda akan rasa tidak aman dan kekurangan rasa percaya ketika bos Anda memaksa untuk selalu ditiru dalam setiap jenis komunikasi dan minta dilibatkan dalam pengambilan keputusan terkecil sekalipun.

 Lakukan ini

Ingatlah bahwa para bos rentan terhadap rasa tidak aman dan juga kekurangan mereka. Merupakan ide bagus untuk menunjukkan apresiasi lebih untuk dukungan dan usaha bos Anda sehingga mereka merasa dihargai.

Menghabiskan waktu berkualitas bersama untuk lebih mengenal bos Anda juga akan membantu Anda untuk memahaminya dengan lebih baik, yang mungkin meningkatkan hubungan Anda dengan mereka dan membuka jalan untuk saling percaya dan menghormati.

Jika Anda mengetahui bahwa bos Anda selalu makan siang sendiri, undang mereka untuk makan siang bersama Anda dan anggota tim Anda. 

Hal ini bisa menjadi menantang untuk menempatkan diri Anda sendiri di posisi bos Anda jika Anda membenci perilaku mereka. Akan tetapi, lihatlah hal ini sebagai sebuah latihan dalam menghadapi kepribadian yang sulit. Hal ini akan menjadi keahlian berharga untuk Anda miliki, di mana saja Anda nantinya akan bekerja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.