Sukses

Panitia Asian Games 2018 Dapat Kucuran Dana Rp 1,5 Triliun

Dana tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 1,5 triliun untuk penyelenggaraan Asian Games di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2017. Dana tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC).

"Penambahan belanja di RAPBN-P 2017 untuk Asian Games Rp 1,5 triliun. Tapi itu untuk INASGOC saja ya," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Lanjutnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) saat ini masih terus membahas persiapan gelaran Asian Games bersama Komisi terkait di DPR, termasuk mengenai kebutuhan anggaran, sehingga Kementerian Keuangan masih menunggu hasil pembahasan antara Menpora dengan DPR.

"Jadi totalnya belum tahu, tergantung pembahasan Komisi terkait dengan Menpora. Infonya sih masih mau dibahas, karena ada potensi dana yang bisa dipakai untuk Asian Games, baik untuk INASGOC maupun kegiatan Kemenpora yang lain," Askolani menerangkan.

Sebelumnya, Ketua INASGOC, Erick Thohir mengungkapkan, anggaran sebesar Rp 1,5 triliun itu akan digunakan untuk persiapan pembukaan dan penutupan Asian Games 2018, persiapan penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games untuk 10 cabang olahraga, dan lainnya.

Jadi penggunaan anggaran tersebut oleh INASGOC dipakai untuk pengadaan barang dan jasa, pelaksanaan persiapan kejuaraan ujicoba dan promosi Asian Games.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.