Sukses

KAI Buka Lowongan Kerja buat Lulusan SMA, Tertarik?

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedang membuka lowongan kerja bagi para lulusan SMA. Perekrutan tenaga kerja ini dibuka pada 24 Juli-30 Juli 2017. Meski begitu, calon pelamar sudah bisa mulai mendaftar sejak 20 Mei 2017 melalui situs resmi KAI.

Delapan posisi pekerjaan dibuka dalam proses rekrutmen ini. Berikut daftar lengkapnya dilansir dari situs perseroan, Rabu (19/7/2017):

1. Calon masinisPosisi ini dibuka untuk lulusan SMA IPA maupun SMK dengan jurusan listrik, mesin, maupun otomotif.

2. Pengatur perjalanan kereta api (PPKA)Posisi ini khusus dibuka bagi mereka lulusan SMA jurusan IPA.

3. Pengatur rumah sinyal (PRS)Posisi ini khusus dibuka bagi mereka lulusan SMA jurusan IPA.

4. Petugas langsirPosisi ini khusus dibuka bagi mereka lulusan SMA jurusan IPA.

5. Petugas pemeliharaan sintelis dan LAA (listrik aliran atas)Posisi ini khusus dibuka bagi mereka lulusan SMA jurusan IPA dan SMK jurusan listrik, elektronik, elektro, mekatronik, telekomunikasi atau tenaga kelistrikan.

6. Petugas pemeliharaan saranaPosisi ini dibuka bagi lulusan SMK listrik, mesin, elektro maupun otomotif.

7. Petugas pemeliharaan jalan rel dan jembatanPosisi ini dibuka bagi lulusan SMA IPA maupun SMK jurusan Bangunan.

8. Petugas peronPosisi ini khusus dibuka bagi mereka lulusan SMA jurusan IPA.

Persyaratan umum lamaran :

1. Jenis kelamin laki-laki;2. Memiliki ijazah setingkat SLTA;3. NEM/UAN rata-rata minimal 6,0;4. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun per 1 Agustus 2017;5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT KAI (Persero).

Registrasi pendaftaran dapat dimulai Kamis (20/7/2017) melalui website resmi KAI di https://rekrut.kereta-api.co.id/

Simak video menarik di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu Terbaik Cari Kerja

Banyak faktor yang mempengaruhi peluang seseorang diterima bekerja di perusahaan impian. Tapi tetap saja, penentu utama nasib kandidat pelamar adalah seorang pegawai personalia atau HRD.

Tiap harinya, mereka akan membuka dan mengecek ratusan bahkan ribuan lamaran yang masuk ke email perusahaan. Mereka pula yang menyortir, mana kandidat yang berhak dipanggil dan melewati proses wawancara.

Tahukah Anda, waktu seseorang dalam mengirim lamaran ternyata berpengaruh pada kesempatan diterima di perusahaan. Mereka yang mengirim lamaran di waktu yang tepat memiliki peluang lebih besar untuk dikaji oleh pihak personalia.

Lalu kapankah waktu yang tepat itu?

Melansir Business Insider, waktu terbaik untuk melamar ke sebuah perusahaan adalah antara jam 06.00 hingga 10.00 pagi. Lamaran yang diterima pada pukul 19.30 malam memiliki kesempatan paling kecil untuk berlanjut ke tahap wawancara.

Analisis dari situs pencari kerja TalentWorks juga mengungkap, kandidat pelamar juga bisa memanfaatkan waktu selepas makan siang yakni sekitar pukul 12.30 untuk mengirim email lamaran kerja. Waktu ini juga merupakan kesempatan yang bagus karena sebagian besar orang akan menggunakan waktu selepas makan siangnya untuk mengecek email.

Terakhir, kesuksesan email lamaran kerja Anda tak luput dari penulisan subyek email serta kelengkapan data-data yang dibutuhkan. Riset mengungkap, pihak HRD hanya akan membaca email seseorang kurang dari 1 menit. Jadi jangan sia-siakan kesempatan tersebut dengan kesalahan penulisan atau data-data yang tidak lengkap, ya!

3 dari 4 halaman

Tanda CV ditolak

Salah satu proses yang harus dilalui orang untuk mendapat pekerjaan adalah mengirim lamaran ke perusahaan terkait. Dalam lamaran ini biasanya disertakan pula curriculum vitae (CV) yang menggambarkan identitas serta pengalaman pekerjaan yang telah Anda lakukan.

Demi bisa membuat pihak HRD terkesan, banyak orang yang sengaja memoles CV nya sebaik mungkin. Tapi tak jarang, banyak dari mereka yang kadang memasukkan terlalu banyak detail tidak penting dalam lamarannya.

Alhasil, CV tersebut pun tidak dibaca bahkan dibuang oleh pihak HRD. Apa saja ciri CV yang tidak menarik perhatian HRD? Berikut ulasannya dilansir dari hradvisors.com:

1. Layout CV yang berantakan

Satu hal yang harus diperhatikan oleh pelamar saat mengirim CV adalah tata letak dari CV yang dimiliki. Pihak HRD sangat membenci CV yang berantakan. Hal ini akan menyulitkan mereka untuk mencari informasi yang dibutuhkan

.Akan lebih baik apabila Anda menyusun CV dengan jelas dan terstruktur. Jangan lupa jelaskan pula setiap poin yang Anda tunjukkan dalam CV.

2. Menyertakan tujuan pekerjaan yang standar

Di dalam CV, biasanya banyak orang yang menulis tujuan pekerjaan yang mereka inginkan. Tapi, hindari menulis tujuan pekerjaan yang standar. Pernyataan klasik seperti “Mencari pekerjaan yang menantang dan menawarkan pengembangan professional” sebaiknya tidak perlu Anda tulis.

Akan lebih baik apabila Anda fokus ke pekerjaan yang diinginkan dan hanya jabarkan pengalaman dan kemampuan yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Menjelaskan riwayat hidup terlalu detail

Hindari juga untuk menjelaskan riwayat hidup yang terlalu detail. Contohnya, dibanding menuliskan riwayat pendidikan dari SD, Anda cukup mencantumkan pendidikan yang ditempuh di tingkat perguruan tinggi.Jangan lupa juga untuk memasukkan informasi riwayat pekerjaan yang berkaitan dengan profesi yang Anda lamar.

4. Data pribadi yang tidak relevan

Terlalu panjang menjelaskan data pribadi juga menjadi pertanda bahwa CV Anda tidak akan dibaca oleh pihak perusahaan. Di bagian data pribadi, Anda cukup mencantumkan data standar seperti nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi dan email untuk memudahkan HRD menghubungi Anda nantinya.

5. Hanya punya kemampuan umum

Kemampuan umum seperti bisa mengoperasikan komputer atau menggunakan Microsoft Office sebaiknya tidak perlu Anda cantumkan dalam CV. Akan lebih baik apabila Anda menuliskan kemampuan yang berkaitan dengan pekerjaan yang di lamar.

Contohnya, apabila Anda melamar sebagai humas, Anda bisa mencantumkan sertifikasi pekerjaan yang pernah di dapat untuk bidang itu, ataupun daftar klien yang pernah bekerja dengan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.