Sukses

Menko Luhut Yakin Target Kunjungan 20 Juta Turis ke RI Tercapai

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan menuturkan, pengelolaan tempat wisata jadi hal terpenting untuk meraih target kunjungan wisatawan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan optimistis pemerintah dapat meraih target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2019. Keyakinan ini diperkuat dengan berbagai pengakuan positif dan prestasi dari dunia internasional.

Luhut mengatakan, Standard & Poors telah menaikkan rating Indonesia menjadi layak investasi atau investment grade. Hal ini menunjukkan iklim investasi di Tanah Air sangat baik dan peluang ini sudah dimanfaatkan investor.

"Kita harus bangga sebagai warga Indonesia, tapi juga jangan besar kepala. Buat saya ini pencapaian luar biasa," kata Luhut dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Ia berpandangan, dengan indeks kepercayaan publik (public trust) yang tinggi kepada pemerintah, berdasarkan hasil riset Gallup serta kenaikan rating investment grade, akan menciptakan imej positif terhadap Indonesia.

Salah satunya di sektor pariwisata, baik dari investasi infrastruktur pariwisata, jumlah kunjungan, lama kunjungan, sampai jumlah uang yang dikeluarkan wisatawan.

"Target kunjungan 20 juta wisatawan bukan hal yang mustahil dan bisa tercapai lebih cepat bila trennya terus seperti ini," tutur Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan itu.

Bagi Luhut yang terpenting adalah pengelolaan tempat wisata. Contohnya seperti di Jawa Tengah, Yogyakarta perlu dikelola dengan lebih efisien. Karena itulah Badan Otorita Pariwisata dibentuk.

"Pariwisatanya sangat bisa dijual di sini. Budaya juga sangat penting, serta partisipasi masyarakat. Semua ini harus terintegrasi. Ini harus diperhatikan bersama," ujar Ketua Pelaksana Harian Badan Otorita Pariwisata Borobudur, sekaligus Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Jalan Tol Yogyakarta

Menko Luhut angkat bicara mengenai pernyataan Gubernur D.I. Yogyakarta menolak pembangunan jalan tol. Dia menuturkan, pemerintah pusat sangat memahami kekhawatiran Gubernur bila penduduk setempat tidak dapat menikmati hasil pembangunan.

"Ini juga harus kita perhatikan, kita tidak mau justru masyarakat setempat tidak menikmati pembangunan. Terkait rencana jalan tol masih akan dilakukan studi oleh World Bank dan UGM. Harapannya hasil studinya dapat menjelaskan apa yang terbaik khususnya untuk Yogyakarta dan Jawa Tengah," ujar dia.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.