Sukses

Bursa Asia Melonjak Jelang Rapat Bank Sentral Jepang dan Eropa

Liputan6.com, Singapura - Bursa saham Asia menguat pada perdagangan saham Kamis pekan ini seiring bursa saham Amerika Serikat (AS) kembali catatkan level tertinggi.

Penguatan bursa saham Asia ini juga menjelang pertemuan sejumlah bank sentral antara lain di Jepang dan Eropa. Pelaku pasar menanti sinyal kebijakan yang dilakukan bank sentral ke depan.

Indeks saham MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,15 persen. Level indeks saham acuan regional ini mendekati level tertinggi sejak Desember 2007. Indeks saham Jepang Nikkei menguat 0,1 persen. Diikuti indeks saham Australia menanjak 0,3 persen dan indeks saham Korea Selatan Kospi mendaki 0,15 persen.

Selain itu, indeks saham MSCI global juga menguat pada Kamis pekan ini. Hal itu didorong penguatan wall street.

"Di Amerika Serikat, musim laporan keuangan kelihatannya sedikit mengejutkan dengan ada kenaikan," ujar Bruce McCain, Chief Investment Strategist Key Private Bank, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (20/7/2017).

Ia menambahkan, pihaknya juga melihat data ekonomi global lebih baik. Diharapkan faktor itu berdampak ke bursa saham AS dan global.

Di pasar uang, yen menguat terhadap dolar AS di kisaran 111,83. Bank sentral Jepang melakukan pertemuan dua hari, dan diharapkan memberikan gambaran jelas soal ekonomi. Bank sentral Jepang juga diperkirakan memangkas prediksi inflasi lagi. Selain itu kebijakan moneternya diperkirakan tetap.

Mata uang euro naik 0,1 persen terhadap dolar AS di kisaran US$ 1,1528. Hal itu didukung dari pernyataan pimpinan bank sentral Eropa Mario Draghi yang agresif.

"Euro telah melonjak sangat didukung harapan bank sentral Eropa terhadap kebijakan moneternya. Bank sentral Eropa harus jelas dengan panduannya ke depan," ujar Analis ThinkMarkets UK, Naeem Aslam.

Sementara itu, indeks dolar AS stabil berada di kisaran 94,762. Di pasar komoditas, harga minyak turun kurang dari 0,1 persen menjadi US$ 47,10 per barel. Harga emas menguat 0,1 persen menjadi US$ 1.241,06 per ounce.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.