Sukses

Pesan Muliaman Hadad untuk Ketua Baru Dewan Komisioner OJK

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad periode 2013-2017 optimistis bahwa Wimboh Santoso yang menjabat sebagai Ketua DK OJK periode 2017-2022 bisa membawa lembaga tersebut ke arah yang lebih baik.

Muliaman mengatakan, banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Wimboh Santoso Cs dalam mengawal industri jasa keuangan ke depan, terutama di tengah-tengah fluktuasi kondisi ekonomi global.

"Saya yakin di bawah pimpinan kawan-kawan yang baru, OJK bisa terus maju tumbuh dan berkembang. Karena tantangan OJK ke depan itu banyak sekali ya, terutama di tengah-tengah situasi ekonomi global dan ekonomi domestik yang saya kira perlu terus jadi perhatian kita," ujar dia di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Kamis (20/7/2017).

OJK di bawah pimpinan Wimboh Santoso juga harus terus membangun sektor industri keuangan yang lebih stabil dan mampu memberikan kontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional.

Selain itu, lanjut Muliaman, salah satu pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh DK OJK baru ini, yaitu bagaimana membuka akses keuangan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. Maka OJK harus bisa menjembatani para pelaku usaha ini dengan perbankan atau pihak pemberi kredit.

‎"Yang tidak kalah pentingnya adalah membuka akses keuangan yang kecil-kecil terhadap pelayanan jasa keuangan. Ini area yang menurut saya ke depan perlu terus didorong tentu saja dengan mengedepankan prinsip prinsip governance yang sehat ya membangun profesionalisme dan integritas yang baik," jelas dia.

Sementara itu, saat ditanya soal kegiatan yang akan dilakukan usai tak lagi menjabat di OJK, Muliaman mengaku hanya mau pensiun. Dia jika akan memikirkan secara matang jika mendapatkan amanah lain dari pemerintah.

"Mau pensiun, mau pensiun ya. (Jika ditawari jabatan lain?) N‎anti itulah jawabannya nanti saja," tandas dia.

Untuk diketahui, Ketua dan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi dilantik hari ini. Pelantikan tersebut ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan di hadapan Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

"Saudara telah dipilih sebagai ketua dan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Sebelum mengemban tugas dan amanah tersebut, Saudara-Saudara wajib mengucapkan sumpah‎ jabatan. ‎Bersediahkah mengucapkan sumpah sesuai kepercayaan masing-masing?" ujar Hatta Ali di Gedung MA, Jakarta, Kamis (20/7/2017).‎

"Bersedia," dijawab serentak oleh Ketua dan Anggota DK OJK periode 2017-2022.

Ada pun susunan DK OJK yang baru antara lain Wimboh Santoso sebagai Ketua DK OJK. Sementara, anggota Dewan Komisioner OJK lainnya, yakni Riswinandi, Heru Kristiyana, Nurhaida, Hoesen, Ahmad Hidayat, dan Tirta Segara.

Saat pelantikan, hadir Menteri keuangan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Desa Eko Putro Sandjojo, Gubernur BI Agus Martowardoko, dan mantan Ketua OJK Muliaman Hadad.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Nurhaida Resmi Jadi Wakil Ketua DK OJK, Ini Fokus Kerjanya
Artikel Selanjutnya
Waspada Upaya Penipuan Mengatasnamakan OJK