Sukses

Tim Ahli Wapres: Jangan Biarkan Bank Bangkrut

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi memberi pesan kepada Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017-2022 yang baru dilantik. Dia berpesan, Anggota Dewan Komisioner OJK yang baru mesti menjaga bank-bank supaya tidak bangkrut (collapse).

"Saya rasa paling penting, sudah lima tahun berdirinya (OJK) dibuat oleh Pak Muliaman bagaimana meneruskannya oleh Pak Wimboh yang baru karena beliau pasti profesional, yang juga dari perbankan sendiri. Karena yang paling utama adalah bagaimana menjaga jangan sampai bank kita collapse," kata dia di Mahkamah Agung Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Dia mengatakan, fungsi pengawasan OJK mesti didorong. OJK pun diharapkan responsif dan cepat mengambil tindakan. Terlebih, kondisi ekonomi nasional juga belum menentu.

"Pengawasan memang penting sekali, karena sekarang ekonomi menurun, mengawasi terutama bank kecil-kecil. Jangan kalau bisa satu pun bank colapse dulu, kalau memang ada masalah suruh merger dan lain-lain," ujar dia.

Bukan hanya bank, pengawasan juga perlu dilakukan pada industri keuangan yang lain. Sejalan dengan itu, dia juga berharap OJK mampu menumbuhkan kepercayaan terhadap industri keuangan dalam negeri.

"Ini kita pimpinan baru cepat pelajari, yang menjadi tugas OJK, disamping tentu ada tugas lain, pengawasan di bidang asuransi, capital market dan lain-lain. Bagaimana menimbulkan kepercayaan yang lebih besar lagi sehingga sehingga banyak yang masuk, di dalam menjaga pasar keuangan. Pasar keuangan kita jangan tergantung bank saja, harus lebih luas lebih banyak produk-produk yang kita punyai," tandas dia.

Untuk diketahui, Ketua dan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi dilantik hari ini. Pelantikan tersebut ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan di hadapan Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

"Saudara telah dipilih sebagai ketua dan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Sebelum mengemban tugas dan amanah tersebut, Saudara-Saudara wajib mengucapkan sumpah‎ jabatan. ‎Bersediahkah mengucapkan sumpah sesuai kepercayaan masing-masing?" ujar Hatta Ali di Gedung MA, Jakarta, Kamis (20/7/2017).‎

"Bersedia," dijawab serentak oleh Ketua dan Anggota DK OJK periode 2017-2022.

Ada pun susunan DK OJK yang baru antara lain Wimboh Santoso sebagai Ketua DK OJK. Sementara, anggota Dewan Komisioner OJK lainnya, yakni Riswinandi, Heru Kristiyana, Nurhaida, Hoesen, Ahmad Hidayat, dan Tirta Segara.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Menko Luhut: Freeport Jangan Atur Pemerintah
Artikel Selanjutnya
Sri Mulyani Klaim Pengelolaan Utang Pemerintah Sudah Sangat Baik