Sukses

BCA Kebut Akuisisi Bank Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) menargetkan bisa segera melakukan akuisisi terhadap bank pada tahun ini. Targetnya, BCA akan mengakuisi dua bank tahun ini.

Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, akuisisi ibarat mencari jodoh. Pihak manajemen tengah mencermati bank mana yang layak untuk diakuisisi.

"Harapkan sih target kita kalau bisa tahun ini, karena sudah molor. Tapi lihat-lihat lagi," kata dia Mahkamah Agung Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Dia mengaku belum ada pembicaraan terkait bank yang akan diakusisi. Tetapi, BCA akan bergerak lebih agresif pada tahun ini. "Belum ada pembicaraan. Cuma lebih gerak agresif tahun ini, coba kuartal 3 dan 4," kata dia.

Manajemen BCA menimbang berbagai peluang. Jadi, pihaknya tak menentukan secara khusus kriteria bank yang akan diakuisi.

"Sebenarnya, kesempatan opportunity bisa macam-macam, apa saja kita jajaki. Tidak bisa BUKU 1,2,3, tapi yang paling mudah BUKU 1, bukan nggak bisa BUKU 2, bisa aja. Lihat dulu bebet bobot," ujar dia.

BCA menyiapkan anggaran sekitar Rp 4,5 triliun untuk akuisisi. Dana tersebut juga untuk suntikan modal anak usaha.

"Nilainya Rp 4,5 triliun, termasuk kalau anak perusahaan perlu tambahan modal. Tapi kita melihat sih anak usaha masih cukup, paling life insurance mungkin tambah modal sedikit yang lain cukup paling tambah Rp 500 miliar. Sisanya dipersiapkan untuk akuisisi," tandas dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Investor Thailand Caplok 10 Persen Saham Bank Maspion
Artikel Selanjutnya
Akuisisi ANZ oleh DBS Indonesia Ditargetkan Rampung Awal 2018