Sukses

DPR: Kajian Pemindahan Ibu Kota Jangan Cuma Powerpoint

Rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan terus bergulir.

Liputan6.com, Jakarta Rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan terus bergulir. Pemerintah melalui Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro meminta tambahan dana sebesar Rp 7 miliar untuk melaksanakan kajian pemindahan ibu kota yang ditargetkan selesai tahun ini.

Anggota Komisi XI DPR, Hendrawan Supratikno‎ meminta kepada Menteri PPN untuk melakukan kajian menyeluruh apabila ingin merealisasikan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

"Kajian jangan cuma powerpoint, tapi harus menyeluruh. Ini kan bukan hanya mindah gedung, tapi juga kultur, jaringan, dan lainnya," kata Politikus dari Fraksi PDI-Perjuangan itu saat berbincang dengan wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Hendrawan menilai, anggaran kajian pemindahan ibu kota sebesar Rp 7 miliar ‎termasuk murah.

"Terlalu murah kalau Rp 7 miliar, paling itu kajian elementer. Kajian yang sesungguhnya buat tata ruang bagus, melihat tanah, dan lainnya," tuturnya.

Meski demikian, ia sempat meragukan pemindahan ibu kota terealisasi. "Ah, kalau tidak begitu (rencana ibu kota pindah), siapa yang mau melirik ‎Bappenas. Kita kan paling pintar kalau membuat studi," ucapnya.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.