Sukses

BI Minta Restu Jokowi Terapkan Redenominasi

Pembahasan redenominasi sudah dilakukan dengan banyak pihak, baik menteri hingga anggota dewan.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo berharap, penyederhanaan nominal rupiah atau redenominasi mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Agus mengatakan, sejauh ini pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah menteri terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Redenominasi. Selanjutnya, BI akan bertemu dengan Presiden Jokowi untuk meminta dukungan terkait hal tersebut.

"Kita sudah bicarakan dengan Menteri Keuangan, Menteri Hukum dan HAM dan Menko Perekonomian. Kita akan meminta waktu kepada bapak Presiden, kita harapkan Bapak Presiden akan mendukung redenominasi mata uang," ujar dia di Kantor Menko Perekonomian di Jakarta, Jumat (21/7/2017).

Selain itu, BI juga telah menggelar pertemuan dengan Komisi XI DPR RI terkait redenominasi. Hasilnya, lanjut Agus, hampir semua fraksi menyambut baik hal tersebut.

"Kita juga melakukan pertemuan dengan Komisi XI. Hampir semua fraksi menyambut baik kalau seandainya ada usulan RUU Redenominasi Mata Uang," kata dia.

Menurut Agus, sekarang ini merupakan saat yang tepat untuk mulai menyusun kebijakan redenominasi. Pasalnya, kondisi ekonomi dan politik diperkirakan akan terus stabil ke depannya.

"Karena kita melihat stabilitas ekonomi terjaga, politik terjaga. Ini saat yang tepat untuk bisa mengajukan RUU Redenominasi Mata Uang," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.