Sukses

Gaji Pas-pasan? Jangan Sedih, Kelola Lewat Cara Ini

Bagi Anda yang memiliki gaji pas-pasan dan kesulitan dalam mengaturnya, berikut ini ada beberapa tips jitu yang bisa Anda terapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit di antara kita sering mengeluh gaji yang didapat cepat habisnya. Bahkan yang memiliki gaji pas-pasan sering kali menjadi alasan betapa sulitnya menabung. Memiliki gaji yang pas-pasan kerap kali membuat kita kesulitan untuk memprioritaskan kebutuhan dan mengatur finansial.

Sebenarnya ini bukan masalah besar atau sedikitnya gaji yang diterima tetapi bagaimana cara kita kelola gaji tersebut. Biasanya, hal ini disebabkan oleh tingginya gaya hidup. Mengelola gaji bukanlah hal yang sulit dilakukan, asalkan Anda fokus kepada apa yang diprioritaskan untuk kebutuhan sehari-hari.

Bagi Anda yang memiliki gaji pas-pasan dan kesulitan dalam mengaturnya, berikut ini ada beberapa tips jitu yang bisa Anda terapkan seperti dikutip dari Karir.com:

1. Atur anggaran pengeluaran

Bagi Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan, hal pertama yang wajib dilakukan yaitu mengatur anggaran pengeluaran. Anda harus mendata dan buat rincian apa saja yang dibutuhkan dalam sebulan ini sebelum gaji turun.

Rancang anggaran pengeluaran ini dengan tepat, seperti kebutuhan pokok tiap bulannya dan membayar cicilan atau hutang. Usahakan sebisa mungkin hindari membeli sesuatu yang tidak begitu penting, sebab itu salah satu faktor dalam pemborosan.

2. Konsisten dengan nominal yang ditabung tiap bulannya

Selain itu, Anda harus menyisihkan setidaknya 30 persen dari gaji yang diterima tiap bulannya. Perlu diingat saat menabung, Anda harus kosisten dengan nominal yang dikeluarkan untuk menabung tiap bulannya.

Memang terdengar seperti memaksakan, namun kalau tidak begini, Anda akan boros dalam menggunakan gaji yang diterima tiap bulannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salary Benchmark



3. Atur gaji dengan Salary Benchmark

Jika Anda sering kehabisan uang sebelum saatnya, coba atur gaji Anda dengan salary benchmark. Karir.com meluncurkan fitur ini untuk memudahkan Anda dalam mengatur gaji.

Caranya, klik https://www.karir.com/salary, kemudian pilih ‘Mengatur Gaji’, lalu masukan anggaran yang biasa Anda lakukan tiap bulannya di ‘Pengeluaran Bulanan Anda’, terus klik ‘Hitung Sekarang’.

Ketika sudah dilakukan, salary benchmark akan menghitung berapa biaya ideal yang seharusnya Anda keluarkan tiap bulannya

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.