Sukses

Kisah Pengemudi Uber, dari Bertemu Menteri hingga Layani Miyabi

Liputan6.com, Jakarta - UBER menjadi salah satu platform ride-sharing yang menghubungkan antara masyarakat dengan pengendara. Pelayanan jasa transportasi online ini tengah berkembang di beberapa negara di dunia, temasuk di negara-negara Asia Pasifik.

Baru-baru ini UBER merayakan keberhasilannya menggaet 600 ribu mitra pengemudi di seluruh Asia Pasifik. Sebagai bentuk penghargaan, UBER memilih satu driver dari setiap negara di Asia Pasifik untuk berkeliling Hong Kong. Liputan6.com berkesempatan untuk mengikuti acara tersebut.

Dari hasil perbincangan dengan para driver di beberapa negara, ternyata banyak kisah unik yang dialami para driver dari masing-masing negara tersebut. Seperti driver UBER dari Indonesia bernama Evi Enny Tavipi (52).

Ibu dari tiga anak memiliki kisah unik yang pada akhirnya membawa dirinya bertemu dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yambise. Evi adalah single mom yang harus banting tulang mencari nafkah demi menyekolahkan tiga anaknya.

"Awalnya saya antar penumpang cewek, kita ngobrol, dan ternyata ibunya penumpang saya ini punya perkumpulan single mom. Dan saya dikenalkan ke Ibu nya. Saya langsung ditawari masuk group WhatsApp," kata Evi saat berbincang dengan Liputan6.com di Hong Kong seperti ditulis, Sabtu (22/7/2017).

Setelah bergabung dengan para single mom tersebut, Evi yang juga mantan Atlet Pelatnas Badminton itu mengaku, mendapat banyak teman dan inspirasi. Secara keseluruhan, prinsip para single mom itu sama dengan prinsip Evi, untuk tidak pernah menyerah dengan keadaan.

Singkat cerita, para single mom tersebut membuat program motivasi janda-janda di seluruh Indonesia dan program tersebut diajukan ke Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Tak butuh waktu lama, proposal itu diterima dan langsung diminta Menteri Yohana untuk bertemu demi membahas detail rencana tersebut.

"Karena program kami ini dianggap inspiratif, makanya dipanggil Bu Menteri, akhirnya saya bisa ketemu, dan saya senang sekali," tambah Evi.

Di tengah kesibukan hariannya sampai saat ini sebagai driver UBER, berkat pertemuan itu, Evi kini juga menjadi motivator para single mom di Indonesia. Berkat ketekunannya menjadi driver UBER dan sesekali menjadi motivator ini, Evi mampu menyekolahkan anak pertamanya hingga ke Korea Selatan. "Besok akhir tahun saya ke Korea, anak saya mau wisuda," tegas dia.

Hal yang tak kalah unik adalah driver dari Filipina, Maya Tumanda (27). Wanita ini menceritakan ada dua momen yang dirinya tidak akan pernah terlupakan selama menjadi driver UBER. Pertama, dirinya mengaku bangga ketika berhasil menginspirasi orang lain.

"Penumpang saya saat itu laki-laki, saat itu dia terkejut kalau saya perempuan. Singkat cerita saya ahirnya dikenalkan dengan istrinya, dan pada akhirnya istri penumpang saya itu ikut joint menjadi driver UBER. Saya bangga bisa menginspirasi orang lain," ceritanya.

Pengalaman kedua, Maya dipertemukan dengan mantan artis porno Maria Ozawa atau yang akrab dipanggil Miyabi. "Maria Ozawa sekarang sering di Filipina, karena kekasih dia orang Filipina, dan saya sempat terkejut saat itu," ucap dia.

Tak mau kalah dengan Maya, driver asal Malaysia, Razman Bin Abdul Rahim (47) juga pernah membawa orang-orang terkenal. Razman menceritakan, setidaknya sudah puluhan orang terkenal yang pernah diantarkannya. Orang-orang terkenal tersebut mayoritas adalah pesepak bola dunia.

"Saya pernah antarkan William Gallas, Louis Saha, Stand Collymore. Bahkan saya sampai bisa diajak join ke acaranya, walaupun sekedar untuk minum kopi," ujar Razman.

Sampai saat ini, UBER telah memiliki mitra pengemudi di seluruh dunia mencapai dua juta orang. Seluruh mitra pengemudi tersebut tersebar di 600 kota di 76 negara. (Yas)

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.