Sukses

Intip Canggihnya Stasiun Luar Angkasa Senilai US$ 100 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Salah satu proyek infrastruktur termahal yang pernah dibangun manusia adalah International Space Station (ISS) atau yang sering dikenal dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Dibangun dengan dana mencapai US$ 100 miliar atau setara Rp 1.331 triliun, teknologi ini merupakan proyek kerja sama dari Badan Antariksa dari 11 negara, antara lain Amerika Serikat, Rusia, Eropa, Jepang dan Kanada.

Satelit pemindai google earth baru saja merilis foto yang memperlihatkan isi dan interior dari stasiun luar angkasa tersebut.

Melansir fastcodesign.com, Sabtu (22/7/2017) ISS merupakan satelit buatan manusia terbesar yang pernah mengorbit bumi.

Saking besarnya bangunan ini, diperlukan beberapa kali penambahan bagian untuk merakitnya. Bagian dalamnya memiliki beberapa fasilitas yang menunjang kebutuhan bagi para astronot. ISS dapat menampung sebanyak 7 astronot.

Jika ditelusuri, hampir tiap sudut ruangan di dalam ISS memiliki fungsinya sendiri. Beberapa ruangan bahkan tidak dilengkapi dengan atap dan lantai. Sebagai gantinya, Anda akan meliat banyak tombol, kabel dan pintu lain yang mengarah ke ruangan tertentu.

ISS berfungsi sebagai laboratorium penelitian yang memiliki kondisi lingkungan tanpa gravitasi dimana para tim melakukan penelitian di bidang biologi, kimia, kedokteran, fisiologi dan fisika, serta pengamatan astronomi dan meteorologi.

ISS melayang di ketinggian 360 km di atas permukaan bumi. Meski begitu, orbit ini masih termasuk dalam kategori orbit rendah sehingga terkadang bia terlihat dengan mata telanjang dari bumi.

Selain merilis foto ISS, Google kini memungkinkan pengguna untuk menjelajah isi ISS. Pengguna bisa melayang melalui semua modul yang membentuk ISS saat menerima informasi rinci dari aplikasi Google Street View.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.