Sukses

Harga Sayur dan Bahan Pokok Berangsur Turun

Harga sayur sempat mengalami kenaikan menjelang Lebaran tetapi satu bulan usai hari raya kembali berangsur turun.

Liputan6.com, Jakarta - Harga sayur dan kebutuhan pokok berangsur turun satu bulan usai Hari Raya Idul Fitri. Sedangkan untuk harga daging stabil di kisaran Rp 120 ribu per kilogram (kg).

Penjual sayur di pasar tradisional Pasar Minggu, Jakarta, Esti (40) mengungkapkan harga sayur yang sempat mengalami kenaikan ketika menjelang Lebaran. Namun, satu bulan usai Lebaran, harga komoditas tersebut mulai turun.

"Kalau sekarang sudah pada rendah, stabil, tidak ada yang naik," kata Esti saat berbincang dengan Liputan6.com, di pasar tradisional, Pasar Minggu, Jakarta, Senin (24/7/2017).

komoditas lain yang juga mengalami penurunan harga adalah bawang merah. Jelang Lebaran, harga bawang merah mencapai Rp 35 ribu per kg sampai 40 ribu per kg. Saat ini sudah sudah berada di kisaran Rp 28 ribu per kg sampai Rp 30 ribu per kg.

Untuk bawang putih cutting, ketika menjelang lebaran harganya mencapai Rp 70 ribu per‎ kg, saat ini turun menjadi Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu per kg. Sedangkan bawang putih biasa mencapai Rp 25 ribu per kg.

Untuk harga sayur yang masih tinggi sejak Lebaran sampai saat ini adalah kembang kol dan brokoli. Saat ini harga kedua komoditas tersebut berada di kisaran Rp 15 ribu per kg. Padahal harga normal hanya Rp 6 ribu per kg.

"Kembang kol dan brokoli masih Rp 15 ribu per kg, belum turun meski habis Lebaran. Ini biasa murah, padahal di Rp 6 ribu per kg," jelas Esti.

Untuk harga komoditas lainnya yaitu cabe rawit Rp 45 ribu per kg, cabe keriting harganya berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kg, wortel Rp 6 ribu per kg, tomat berkisar Rp 10 ribu per kg, sawi Rp 7 ribu per kg, jagung Rp 5 ribu per buah.

Esti mengklaim harga tersebut masih dalam kondisi wajar. "Itu semua harga masih stabil, tidak mengalami perubahan," tutur Esti.

Sedangkan harga daging sapi lokal di pasar tradisional Pasar Minggu masih dibanderol Rp 120 ribu per kg. Menurut penjual daging di lokasi tersebut, Suparman (50) harga daging tersebut masih mengacu pada harga saat Lebaran. Sedangkan sebelum Lebaran berkisar Rp 111 ribu per kg sampai 115 ribu per kg.

Untuk daging ayam, saat ini dijual Rp 35 ribu per ekor sampai Rp 40 ribu per ekor. Harga tersebut sudah mengalami penurunan, ketika menjelang Lebaran harga ayam per ekor dijual Rp 50 ribu.

Kondisi harga stabil juga terjadi pada beras, saat ini untuk beras kualitas terendah dijual Rp 7.500 per liter, sedangkan beras kualitas tinggi ‎Pandan Wangi dibandrol Rp 12 ribu per liter.

"Harga beras masih stabil, stok juga masih aman, tidak ada kenaikan untuk semua jenis," tutup Reza (24), penjual beras di lokasi yang sam .

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.