Sukses

Intip Cara Peternak AS Dorong Produktivitas Sapi Perah

The California Milk Advisory Board menyatakan bahwa makin nyaman sapi maka makin produktif sapi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata meningkatkan produktivitas sapi perah sehingga memperoleh hasil susu yang maksimal tidak hanya sekedar memberi makan yang baik saja. Sebuah studi menyebutkan memberikan kemanjaan kepada sapi juga bisa meningkatkan produktivitas.

Dikutip dari akun VOA dalam Vidio.com, Senin (24/7/2017), The California Milk Advisory Board menyatakan bahwa makin nyaman sapi maka makin produktif sapi tersebut. Oleh sebab itu, The California Milk Advisory Board menganjurkan kepada para peternak memberikan kenyamanan kepada para sapi peliharaannya.

Kenyamanan tersebut bisa dengan menyiapkan kandang yang selalu bersih, memberikan sirkulasi udara yang cukup di kandang bahkan dengan menawarkan pijatan khusus kepada para sapi.

Tim peneliti dari University of Wisconsin terus mengembangkan teori tersebut. Tim tersebut terus memberikan masukan kepada para peternak untuk memperbaiki kondisi ternak mereka. Saat ini, salah satu tema yang diangkat oleh tim peneliti adalah mencegah kaki sapi pincang.

"Pincang mempengaruhi semua aspek sapi. Mempengaruhi istirahat, mempengaruhi pemerahan, pola makan, kemampuan reproduksi sapi serta apakah sapi bisa diternak atau tidak," jelas salah seorang peneliti dari University of Wisconsin.

Oleh sebab itu, lingkungan yang nyaman bagi sapi untuk beristirahat harus ditingkatkan karena hal tersebut sangat penting bagi sapi.

Untuk lebih lengkapnya simak video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.