Sukses

4 Langkah Atur Uang bagi Anda Baru Pertama Kali Bekerja

Tak semua orang terutama baru pertama kali mendapatkan gaji bijak untuk mengatur keuangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Usai berjuang bertahun-tahun menyelesaikan kuliah merupakan sesuatu membanggakan dan menyenangkan. Akhirnya satu langkah sudah terlewati. Kini Anda menaiki satu tangga lagi untuk mendapatkan pekerjaan.

Ketika sudah mendapatkan pekerjaan, Anda akan mendapatkan uang lebih besar lagi yaitu gaji dari hasil kerja keras selama sebulan. Bagi Anda sudah terbiasa mengatur uang sejak kuliah itu merupakan hal yang baik.

Dengan gaji pertama yang dimiliki, diharapkan bisa mengatur penghasilan sebulan dengan bijak. Namun tak semua orang baru lulus kuliah pandai mengatur gaji pertamanya. Berikut sejumlah langkah untuk mengatur uang bagi Anda baru dapat gaji pertama, seperti dikutip dari laman wisebread, Selasa (25/7/2017):

1. Rencanakan anggaran agar sukses

Untuk mengetahui gaji yang digunakan untuk apa saja, sebaiknya punya sebuah rencana. Dalam hal ini anggaran keuangan. Ada tiga aktivitas perlu disiapkan untuk mengatur keuangan antara lain berencana, menyusuri keuangan dan menyesuaikan.

Pertama, Anda perlu mengetahuii berapa anggaran yang dialokasikan untuk tempat tinggal, makanan, pakaian, dan hiburan.

Kemudian Anda membuat catatan pemasukan dan pengeluaran. Anda bisa menulisnya di sebuah buku dan ponsel pintar Anda.

2. Sisihkan untuk menabung

Kunci untuk membangun kekayaan dengan menyisihkan uang untuk menabung dan berinvestasi. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan dana darurat. Ini untuk mengantisipasi biaya-biaya yang tak terduga. Punya dana darurat juga agar Anda menghindari utang. Biasanya perencana keuangan merekomendasikan memiliki dana darurat yang cukup untuk membiayai biaya hidup tiga hingga enam bulan.

3. Berinvestasi

Selain menabung, Anda juga sebaiknya menyisihkan uang untuk investasi setiap bulan. Meski dana yang disisihkan tidak terlalu besar tetapi sebaiknya jangka panjang untuk berinvestasi. Dengan investasi juga dapat digunakan untuk dana pensiun.

4. Menjaga pengeluaran sehingga terkendali

Mengendalikan pengeluaran terutama pengeluaran terbesar juga perlu. Misalkan pengeluaran tidak lebih dari 20 persen untuk bayar cicilan rumah, bila Anda sudah mengambil kredit rumah. Dengan menjaga pengeluaran terbesar diharapkan, Anda juga bisa menabung dan investasi.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.