Sukses

Menkeu: Soal Kepercayaan ke Pemerintah, RI Mampu Kalahkan Swiss

Tingkat kepercayaan rakyat Indonesia terhadap pemerintah mampu menggeser posisi Swiss yang selama ini tidak pernah terkalahkan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyebut, tingkat kepercayaan rakyat Indonesia terhadap pemerintah mampu menggeser posisi Swiss yang selama ini tidak pernah terkalahkan dan selalu berada di peringkat pertama dunia. Prestasi ini menunjukkan bahwa pemerintah berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat.

Sri Mulyani menjelaskan, Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dalam publikasinya Government at a Glance 2017 pada Juli 2017 menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama untuk Trust and Confidence in National Government, atau tingkat kepercayaan masyarakat pada pemerintah.

"Indonesia berada di peringkat pertama kepercayaan publik terhadap pemerintah. Jadi tingkat kepercayaan itu pada 2016 sebesar 80 persen. Sebesar 80 persen itu adalah sebuah kehormatan," kata Sri Mulyani di acara Indonesia Infrastructure Finance Forum di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Untuk diketahui, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia tahun 2016 adalah sebesar 80 persen, meningkat sebesar 28 persen dibanding tahun 2007 yang mencapai 52 persen.

Tingkat kepercayaan terhadap pemerintah Indonesia merupakan angka yang tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara maju yang tergabung dalam OECD, yaitu Amerika Serikat 30 persen, Inggris 31 persen, Jerman 55 persen, Prancis 28 persen. Sedangkan untuk negara-negara berkembang non OECD antara lain India 73 persen, Brasil 26 persen, Afrika Selatan 48 persen.

"Kita bahkan mengalahkan Swiss yang sudah sejak lama tidak terkalahkan dalam hal tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah," kata Sri Mulyani.

Begitu pula dengan laporan Edelmen Trust. Diakui Sri Mulyani, Indonesia memperoleh skor 68 dalam hal tingkat kepercayaan publik ke pemerintah. Pencapaian ini, lanjutnya, merupakan cerminan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemerintah Indonesia.

"Bagaimana pemerintah memberikan layanan bagi rakyat, bukan hanya kualitas infrastruktur. Masyarakat percaya kita bisa memberikan layanan yang berintegritas karena itu penting untuk bisa meningkatkan kepercayaan," tegasnya.

"Dan Presiden Jokowi berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Oleh karenanya saya memutuskan untuk bergabung dengan pemerintahan ini," pungkas Sri Mulyani.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.