Sukses

Penyaluran Subsidi Elpiji Pakai Kartu Siap Dilaksanakan

Liputan6.com, Jakarta - ‎Penyaluran subsidi untuk Elpiji 3 kilogram (kg) secara langsung melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) siap dilaksanakan. Selain subsidi Elpiji, kartu tersebut juga berguna untuk bantuan sosial lainnya.

Menteri Sosial‎ Khofifah Indar Parawansa mengatakan, penyaluran bantuan pemerintah melalui media KKS sudah siap dilaksanakan. Akan ada tiga bantuan yang disalurkan melalui kartu, yaitu subsidi Elpiji 3 kg, bantuan pangan, dan program keluarga harapan.

‎"Jadi integrasi tiga bantuan sosial (bansos) dalam satu kartu. Kami ambil keputusan hari ini insyaallah siap," kata Khofifah, usai rapat koordinasi penyaluran bantuan melalui KKS, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Penyaluran subsidi Elpiji beserta bantuan sosial lainnya melalui KKS, sudah diuji secara sistem di beberapa kota. Namun, saat ini masih dilakukan penyempurnaan data pihak yang berhak menerima.

"Sekarang kita sedang menghitung karena 25,7 juta rumah tangga itu akan dapatkan bansos Elpiji 3 kg, kemudian mereka yang 15,5 juta rumah tangga menerima bantuan pangan, kemudian ada juga 10 juta rumah tangga terima PKH," paparnya.

Khofifah mela‎njutkan, meski masih melakukan penyempurnaan data, penerapan penyaluran subsidi Elpiji serta bantuan sosial lainnya melalui KKS bisa diterapkan mulai Februari 2018 secara bertahap di beberapa wilayah.

"Mudah-mudah Februari 2018. Kan tahap-tahapan, misalnya gini Jawa lalu lanjut Sumatera," tutup Khofifah.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Jelang Idul Adha, Pertamina Tambah Pasokan Elpiji 3 Kg
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Benahi Data Warga yang Berhak Dapat Subsidi Listrik