Sukses

Tips Memilih Kartu Kredit Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga adalah manajer keuangan bagi keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu rumah tangga adalah  manajer keuangan bagi keluarga.  Ia mesti bisa mengatur lalu lintas  keuangan dari penghasilan yang dipercayakan suami kepadanya. Mana yang mesti dialokasikan untuk belanja bulanan, biaya sekolah anak, membayar tagihan listrik, dan sederet kebutuhan lainnya.

Deretan kebutuhan tersebut seringkali membuat ibu rumah tangga kesulitan mengatur alur keuangan. Bukan hanya karena nominalnya bisa meleset dari anggaran awal, namun juga kerepotan  untuk membayar tagihan ke sana ke mari.

Dengan kesibukan seperti itu, tidak ada salahnya ibu rumah tangga mulai mencoba menggunakan kartu kredit.   Kartu kredit merupakan salah satu alat bantu transaksi pembayaran paling canggih dan fleksibel. Selama limitnya masih cukup,  Anda dapat menggunakannya untuk bertransaksi dengan mudah dan tinggal melunasi tagihan transaksi saat tanggal jatuh tempo.

Karena itu, kartu kredit sangat cocok untuk membantu ibu rumah tangga dalam  memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga.

Dengan kartu kredit, Anda akan lebih mudah menyelesaikan  urusan pembayaran dan mengatur arus transaksi keuangan.  Pencatatan keuangan juga bisa tersusun lebih rapi karena adanya billing statement.   

Tidak perlu kecil hati jika saat ini Anda  bukan pekerja formal dan merasa tidak punya penghasilan tetap. Kenyataannya, ibu rumah tangga merupakan salah satu segmen yang disukai industri perbankan penerbit kartu kredit.

Bank melihat bahwa dengan posisinya sebagai manajer keuangan rumah tangga, ibu rumah tangga memiliki banyak pengeluaran yang harus dilakukan. Selain itu, sebagai wanita segmen ini juga dinilai lebih mudah mengeluarkan uang karena sifatnya yang lebih konsumtif.

Pertanyaannya, seperti apa kartu kredit terbaik untuk kebutuhan ibu rumah tangga?Simak ulasannya seperti dikutip dari DanaXtra:

Kartu Kredit Terbaik untuk Kebutuhan Kompleks

Bukan semata karena hobi,  kebutuhan belanja ibu rumah tangga  memang banyak.  Maklum saja bukan hanya untuk mencukupi kebutuhannya sendiri, ibu rumah tangga juga  menjadi pengambil keputusan dan eksekutor dalam proses belanja kebutuhan anak-anak dan suaminya.

Untuk kepentingan ini, sudah tentu ibu rumah tangga mencari kartu kredit terbaik yang memungkinkan belanja lebih hemat.  Anda bisa memilih kartu belanja, atau kartu kredit  yang paling sering menjalin kerjasama dengan berbagai supermarket.

Ambil contoh kartu kredit keluaran sebuah  bank swasta yang memiliki jaringan bisnis dengan industri supermarket. Kartu ini memberikan diskon di seluruh store supermarket dalam jaringannya plus  potongan harga di merchant pilihan yang menjalin kerjasama dengan bank tersebut.

Bukan hanya itu, kartu kredit ini juga memungkinkan pengeluaran pembelanjaan yang  tercatat dengan rapi.  Dengan demikian jumlah dana yang dikeluarkan setiap kali berbelanja dapat dimonitor.

Hal lain yang perlu jadi bahan pertimbangan ibu rumah tangga dalam memilih kartu kredit kemudahan dalam transaksi biaya bulanan seperti membayar tagihan rutin listrik, air, pulsa dan sebagainya. Untuk keperluan ini anda tidak akan menemukan kesulitan. Hampir semua kartu kredit bisa digunakan untuk keperluan tersebut.

Simak video menarik di bawah ini:

 

Selanjutnya



Kartu Kredit Terbaik Anti Boros

Sebagai wanita, setiap ibu rumah tangga pasti juga menyadari bahwa dirinya memiliki naluri belanja yang jika tidak diatur  dengan baik bisa membahayakan cashflow rumah tangga.  Masuk ke pusat perbelanjaan adalah ujian tersendiri bagi wanita, karena di mana-mana ada flyer diskon yang atraktif.  Turun iman sedikit saja,  isi rekening bisa melayang dalam waktu sekejap.

Jika Anda memiliki kecenderungan seperti itu, ada baiknya  mempertimbangkan kartu kredit keluaran bank-bank yang memilki misi untuk mengajak nasabah berperilaku hemat serta bijak berbelanja. Adakah?

Ada. Beberapa bank  sudah mengeluarkan produk-produk kartu kredit yang memang dimaksudkan untuk memberi edukasi kepada masyarakat untuk berperilaku sehat dalam berbelanja.

Cashback, Kartu Kredit Terbaik untuk ibu rumah tangga

Secara tidak langsung, kartu kredit cashback merupakan produk yang mengajak nasabah berperilaku belanja hemat dan bijak. Pengguna kartu ini akan terstimulasi untuk selalu mengetahui dan menghitung jumlah cashback yang diterima.

Kartu kredit cashback  juga cocok untuk ibu rumah tangga yang secara naluriah selalu memiliki orientasi untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Anda tentu akan senang jika pada akhir bulan rekening tiba-tiba mendapatkan transferan yang merupakan imbalan dari setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit.

Selanjutnya

Kartu Kredit Terbaik “Paksa” IRT Bayar Tagihan On Time

Model lain dari  program anti boros yang  dikeluarkan perbankan adalah kartu kredit yang bersifat  'memaksa' nasabah untuk membayar tagihan tepat waktu.  Misalnya, kartu kredit yang memberikan iming-iming pengembalian 10 persen biaya bunga.

Program ini dimaksudkan oleh bank untuk menghindarkan pemegang kartu terhindar dari beban hutang.  Kartu seperti ini layak menjadi pilihan kartu kredit terbaik bagi ibu rumah tangga.

Pilihan Kartu Kredit Terbaik di Tangan Anda

Kartu kredit umumnya menawarkan keuntungan tertentu bagi penggunanya. Misalnya diskon di outlet tertentu, promo buy 1 get 1 free, liburan, dan lain-lain.

Anda boleh saja tertarik dengan berbagai tawaran tersebut, karena ingin mendapatkan keuntungan seoptimal mungkin bagi keluarga. Namun perlu dipikirkan apakah penawaran tersebut sesuai kebutuhan atau ternyata malah tidak terlalu berguna bagi anda.

Apa pun pilihan anda, cek tagihan kartu kredit setiap bulan dan pelajari. Evaluasi ke mana saja anda menghabiskan uang setiap bulan. Dengan kebiasan melakukan cek tagihan itu, pengeluaran akan lebih mudah dikontrol.

Anda tentu tidak ingin kesalahan belanja bulan ini terjadi lagi di bulan depan bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit

  • DanaXtra