Sukses

BI: Pertumbuhan Ekonomi RI Terbaik di Antara Negara ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus berada dalam tren positif pada tahun ini. Bahkan pertumbuhan tersebut dinilai yang terbaik di antara negara-negara lain di kawasan ASEAN.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini berada dalam tren yang baik karena mampu mencapai angka 5,02 persen di tahun lalu, meski pada 2015 hanya tumbuh 4,79 persen.

"‎Saya bisa katakan bahwa optimisme kita baik, bahwa pertumbuhan eko kita di tahun lalu 5 persen. Sekarang akan ada di antara 5 persen-5,4 persen. Kondisi inflasi terjaga, neraca perdagangan kembali surplus dan baik," ujar dia di Gedung BI, seperti ditulis Kamis (27/7/2017).

Agus mengakui, pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2017 mungkin agak tertekan lantaran daya beli masyarakat yang menurun. Selain itu, gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) baru dicairkan pada kuartal III.

"Kami akan lihat data bahwa pertumbuhan ekonomi 2017 kuartal II mungkin agak tertekan karena permintaan konsumsi turun, karena gaji ke tiga belas dibayarkan kuartal III dan ada pembayaran uang sekolah periode lebaran. Tapi setahun kita akan tetap baik," kata dia.

Namun demikian, lanjut Agus, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini diprediksi lebih banyak disumbang di semester II. Oleh sebab itu, dia berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III dan kuartal IV bisa jadi penopang pertumbuhan ekonomi di 2017.

"Bahwa pertumbuhan ekonomi kita agak sedikit bergeser ke semester II, tapi kita pahami secara nasional tetap akan ada di kisaran 5 persen-5,4 persen atau tengah tengahnya 5,2 persen. Dan yan‎g penting pertumbuhan ekonomi kita di negara ASEAN termasuk terbaik," ujar dia.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Upaya Negara Maju Menanggulangi Krisis Ekonomi Mulai Berhasil
Artikel Selanjutnya
Jokowi Banggakan Pujian Lembaga Internasional untuk RI